Siap-siap Pemilik MacBook Pro! Garuda Larang Laptop Ini Masuk Pesawat

Ilustrasi MacBook Pro 15 inci  buatan tahun 2015. (Apple) 

epicentrum.id, JAKARTA – Berita buruk mendatangi pemilik dan pengguna MacBook Pro 15 menyusul pengumuman yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia pada Kamis (29/8/2019), kemarin.

Garuda Indonesia merilis larangan tersebut melalui rilis tertulis yang diterima epicentrum.id. M. Ikhsan Rosan, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia mengatakan produk besutan Apple tersebut dilarang dibawa oleh penumpang baik ke dalam kabin maupun bagasi pada penerbangan Garuda.

“Maskapai nasional Garuda Indonesia mengeluarkan larangan bagi penumpang untuk membawa produk tersebut ke dalam pesawat baik di kabin, bagasi maupun layanan kargo,” ujar Ikhsan Rosan.

Sebagai informasi, MacBook tersebut yaitu model MacBook Pro 15 inci  dengan Retina Display. Model ini dirilis pertengahan tahun 2015, dan dipasarkan antara tahun 2015 hingga 2017.

Garuda Indonesia mengungkapkan bahwa pelarangan tersebut karena MacBook Pro ini disebut-sebut mudah terbakar. Pelarangan ini mengikuti aturan European Union Aviation Safety Agency (EASA) serta regulasi dari IATA terkait “Peraturan Barang Berbahaya”, atau Dangerous Goods Regulations (Special Provisions A154) yang mengatur tentang pelarangan produk MacBook dibawa dalam penerbangan.

Akar permasalahan ini muncul lantaran MacBook Pro dibekali baterai yang mudah terbakar. Melalui laman resminya, Apple pun mengakui bahwa produk mereka, yaitu MacBook Pro 15 model 2015 tahun pemasaran 2015 hingga 2017 memiliki permasalahan di baterainya. Gangguan tersebut dapat dikatakan cukup berbahaya bagi penerbangan, karena baterai yang mudah terbakar dan meledak. (epicentrumnews)

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *