KSAD: Papua Sedang Kami Tangani

Kantor Telkom Jayapura dibakar massa demo. Photo/Kompas

Epicentrum.id – Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral TNI Andika Perkasa mengatakan, saat ini pihaknya masih berusaha meredam kericuhan yang terjadi di Papua. Kericuhan yang terjadi di Deiyai, Papua itu mengakibatkan satu orang anggota TNI tewas.

Kemudian beberapa anggota TNI dan Polri lainnya juga mengalami luka tertusuk panah dan bacokan sekelompok orang yang diduga kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Papua sedang ditangani. Kodamlah yang lebih tau situasinya,” kata Jendral TNI Andika Prakarsa usai memberikan pengarahan kepada prajurit Kodam di Indoor Jasmani Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Kamis, 29 Agustus 2019.

Ia berharap, kondisi Kabupaten Deiyai, Papua yang ricuh kemarin dapat kembali normal, pasca aksi demo yang berujung penyerangan ke aparat. “Yang jelas kita berharap semuanya akan kembali normal,” katanya.

Kericuhan di Kabupaten Deiyai berawal ketika massa berunjuk rasa di kantor bupati setempat, Rabu, 28 Agustus 2019. Saat itu aparat mengamankan demonstran, lalu datang masa tambahan di kantor bupati.

Massa pun langsung mengepung aparat yang melaksanakan pengamanan, dengan melempar batu dan memanah. Akibatnya satu anggota TNI terkena panah setelah kontak dengan para demonstran.

Para demonstran menggelar aksi, buntut dari tindakan rasisme dan intimidasi terhadap mahasiswa Papua yang terjadi beberapa waktu lalu di Surabaya dan Malang. (vivanews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *