Gaji Anggota DPR Lebih Besar dari Presiden

epicentrum.id – Presiden Jokowi menyebut bahwa besaran gaji para anggota Dewan Perwakilan Rakyat sudah besar dan perlu ditingkatkan kerjanya. Menurut Jokowi dalam acara pembukaan orientasi Anggota DPR dan DPD terpilih periode 2019-2024, pendapatan wakil rakyat di Senayan sudah lebih besar ketimbang dia sebagai kepala negara.

“Mohon maaf, untuk urusan income, pendapatan DPR sudah lebih besar dari presiden. Kalau saya salah, nanti saya hitung lagi,” kata Jokowi di Hotel Bidakara Jakarta, Senin 26 Agustus 2019.

“Tidak.. tidak,” jawab sebagian anggota DPR.

Dalam acara yang digelar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu, Jokowi melanjutkan senda guraunya. Kali ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menanyakan jumlah gaji Ketua DPR, Bambang Soesatyo.

Di hadapan Jokowi, Bambang memberi isyarat dengan menganggukkan kepalanya bahwa benar gaji anggota DPR sudah lebih besar ketimbang presiden.

“Tuh Pak Ketua bilang benar, Pak Ketua kalau sudah begini (mengangguk) berarti benar,” kata Jokowi disambut tawa para hadirin.

Jokowi pun meminta kinerja parlemen terus dikebut ke depannya. Menurut dia, tantangan ke depan bangsa Indonesia semakin rumit jika tidak ada lompatan besar.

“Apakah tidak bisa kita evaluasi agar lebih cepat tanpa mengurangi ketelitian, kecermatan kita dalam setiap membuat undang-undang. sehingga akan semakin detail dan semakin baik,” tuturnya.

Seperti diketahui, berdasarkan informasi yang dihimpun VIVAnews, gaji anggota dewan berdasarkan Surat Menteri Keuangan No. S – 520/ MK. 02/2015, para anggota dewan berhak mendapatkan gaji sebesar Rp67 juta per bulan. Pendapatan sebesar itu sudah termasuk berbagai tunjangan dan fasilitas yang diterimanya selama menjabat. Adapun gaji presiden, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2000 disebutkan Rp62,740 per bulan, sudah termasuk tunjangan. (vivanews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *