Peluang Airlangga Jadi Ketum Golkar Lebih Besar Karena Faktor Ini

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (Foto : Dok. Golkar)

epicentrum.id, JAKARTA – Dinamika perebutan kursi Ketua Umum Golkar makin menghangat jelang perhelatan Musyawarah Nasional atau Munas yang diperkirakan berlangsung Desember 2019. Pengamat politik, Ray Rangkuti, menilai sebagai petahana, peluang Airlangga Hartarto mempertahankan kursi ketua umum lebih besar.

“Secara peluang lebih tinggi terpilih kembali karena beliau sebagai ketua umum petahana,” kata Ray kepada wartawan, Kamis 22 Agustus 2019.

Namun, Ray menganalisis dalam dinamika di internal Golkar, Airlangga mesti pandai dalam komunikasi politik dengan para pemilik suara. Artinya, pendekatan Airlangga ke pengurus DPD I dan DPD II harus konsisten. Apalagi mengingat pesaing Airlangga juga mulai gencar mendekati pemilik suara di Munas.

“Itu semua juga tergantung bagaimana pendekatan komunikasi politik yang dilakukan Airlangga. Penentu ada di daerah yang punya suara banyak tentunya selain ormas sayap partai,” tutur Ray yang juga Direktur Lingkar Madani Indonesia tersebut

Menurut Ray, dengan masa kepemimpinannya yang mau jalan dua tahun sebagai Ketum Golkar, Airlangga punya keuntungan untuk konsolidasi. Momen ini harus dioptimalkan Menteri Perindustrian itu.

“Keuntungan Airlangga lebih karena pengalaman sebagai ketua umum yang sekarang dijalankan. Munas itu nanti nasib caketum ada di daerah, DPD I dan DPD II,” ujarnya.

Menuju perhelatan Munas Golkar, bermunculan sejumlah kader yang digadang-gadang akan maju memperebutkan kursi Golkar-1. Selain Airlangga sebagai petahana, ada Wakil Koordinator Pratama Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Lalu, ada Indra Bambang Utoyo yang siap meramaikan bursa caketum.

Meski disiapkan untuk Desember 2019, namun waktu perhelatan munas belum bisa dipastikan. Hal ini karena DPP Golkar belum menggelar rapat pleno dan rapimnas. Namun, ada desakan dari sejumlah elite partai agar munas digelar sebelum Desember 2019. (vivanews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *