Ups! Kedelai Kurangi Kejantanan dan Keperkasaan Pria, Bahkan Tumbuhkan Payudara

epicentrum.id – Susu kedelai menjadi susu alternatif bagi mereka yang tidak suka minum susu sapi, atau memiliki intoleransi laktosa. Meski terbuat dari jenis kacang-kacangan, tapi konsumsi susu kedelai tidak boleh sembarangan, lho.

Menurut ahli gizi dr. Samuel Oetoro, SpGK, kedelai mengandung fitoestrogen yang memiliki fungsi mirip dengan estrogen yang ada pada wanita. Salah satunya adalah menjaga kadar kolesterol tubuh.

Tapi, hati-hati, karena terlalu banyak fitoestrogen yang masuk ke tubuh bisa berdampak enggak baik buat tubuh. Khususnya, buat para laki-laki.

“Kebanyakan hormon estrogen akibatnya buah dadanya menjadi besar,” kata Samuel dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu 21 Agustus 2019.

Itu juga sebabnya anak-anak yang alergi susu sapi dan diganti dengan susu kedelai, tidak dianjurkan untuk minum secara berlebihan. Meski demikian, kandung fitoestrogen di dalam susu kedelai ini baik untuk mencegah keropos tulang.

Fitoestrogen membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang, sehingga kalsium tulang lebih tinggi dan lebih padat. Fitoestrogen juga bisa memperlambat menopause.

Pada orang yang menopause, kadar estrogennya sudah menurun sehingga fungsi estrogen dalam tubuh pun ikut menurun. Kadar estrogen yang menurun ini bisa digantikan dengan fitoestrogen.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *