Tiga Produsen Ponsel China Bersatu Tumbangkan Apple

ilustrasi (net)

epicentrum.id, JAKARTA – Apple bukan hanya dianggap sebagai kompetitor yang cukup kuat di pasar, namun teknologi temuannya pun dianggap sebagai ancaman bagi banyak produsen lainnya. Hal ini terlihat dari bergabungnya tiga produsen ponsel Cina, seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi yang dikabarkan tengah mendebut aplikasi baru untuk meyaingi AirDrop kembangan Apple. Seperti diketahui, aplikasi ini memungkinkan bagi pengguna Apple untuk berbagi foto, video dan dokumen dengan perangkat Apple terdekat.

Dalam sebuah postingan WeChat mengungkapkan bahwa tiga produsen China tersebut akan menghadirkan aplikasi berbagi nirkabel secara langsung, memiliki sistem kerja yang sama dengan AirDrop namun bisa digunakan dengan tiga perangkat kembangan produsen China ini.

Fitur baru dalam aplikasi yang akan didebut tiga perusahaan tersebut tampaknya akan menggunakan Bluetooth untuk memasangkan perangkat, membuat jaringan Wi-Fi peer-to-peer seperti halnya AirDrop, dan mentransfer file dengan kecepatan hingga 20Mbps. Xiaomi mengatakan bahwa produsen smartphone lain dipersilakan untuk bergabung dengan trio produsen China ini. Pada akhir bulan, versi beta dari protokol file-sharing baru diharapkan akan diluncurkan.

Dalam informasi yang diungkapkan Counterpoint Research, Vivo, Oppo, dan Xiaomi merupakan 49% dari pasar telepon domestik selama kuartal pertama. Menambahkan beberapa produsen tambahan, terutama Huawei, akan memungkinkan sebagian besar handset di negara ini untuk berbagi file tanpa menggunakan konektivitas internet. Tidak ada indikasi apakah Huawei atau perusahaan Cina lainnya tertarik atau tidak bergabung dengan trio aslinya.

Sebenarnya, Google sendiri dalam sistem operasi Android kembangannya telah memiliki fitur ini sejak peluncuran pada versi OS Ice Cream SandWich 2011 lalu. Pengguna disediakan fitur Android Beam untuk memanfaatkan NFC berbagi foto, video dan informasi kontak, link sebuah halaman website, navigasi peta, URL Youtube dan banyak hal lainnya melalui pengolahan sistem ini.

Namun sayangnya, Android Beam telah dihapus di Android Q, digantikan oleh fitur Google Play Services yang disebut Fast Share. Fitur ini sedikit mirip dengan Apple AirDrop berkat penggunaan Bluetooth. Pengguna Android Q akan dapat berbagi file, gambar, URL, dan sebagian kecil pesan teks bahkan tanpa koneksi internet. Aplikasi Files by Google, tersedia di Google Play Store, menggunakan Bluetooth untuk memungkinkan perangkat Android melalui aplikasi yang sama bisa berbagi file dengan kecepatan secepat 480Mbps. Enkripsi digunakan untuk melindungi privasi mereka yang menggunakan aplikasi. (arenalte)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *