Tidak Diundang Ke Muktamar, Lukman Edy: Ketum PKB Dekat Dengan Faksi Asing

Presiden Joko Widodo hadir dan membuka Muktamar PKB V di Bali. (Photo/Kumparan)

Epicentrum.id – Muktamar V PKB di Bali yang akan dibuka malam ini, ternyata tak diikuti seluruh pengurus. Ketua DPP PKB, Lukman Edy, mengaku tak mendapat undangan, padahal dia pengurus.

“Enggak ada, enggak ada (undangan),” kata Lukman saat dikonfirmasi, Selasa (20/8/2019).

Lukman yang juga mantan sekjen PKB, mengaku tak masalah tak mendapat undangan untuk menghadiri Muktamar. Selain dia, mantan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding juga tak diundang, namun belum ada konfirmasi.

Lukman menduga, perkara ini buntut dari persoalan cawapres. Saat itu, Lukman dianggap tak mendukung cawapres pilihan PKB yaitu Ma’ruf Amin, setelah sebelumnya menguat Mahfud MD.

“Mungkin itu buntut dari masalah wapres cawapres. Ya itu satu hal. Lalu setelah pilpres-pilpres itu, sampai persoalan sekjen (diganti) ya kan. Nah, mungkin sekarang dia belum move on, gitu. Saya kan, kita lihat kan sudah selesailah itu semua kan,” beber Lukman.

Selain itu, lanjut Lukman, upaya rekonsiliasi yang dilakukannya selama ini juga justru dianggap merusak konsolidasi partai.

“Yang kedua mungkin ada asisten saya yang dorong untuk rekonsiliasi dengan tokoh-tokoh PKB yang selama ini yang menjadi tokoh nasional, ya dibilanglah kesulitan mereka semua kan. Nah, itu juga dianggap mengganggu konsolidasi,” ungkap Lukman.

Namun, Lukman tak menyesali itu semua. Ia berdoa agar Muktamar PKB bisa sukses, dan ia pun tak berharap banyak kepada PKB. “Ya enggak masalah (enggak diundang). Kita lihat sajalah, moga-moga sukses, dan tidak berharap banyak.”

Lukman menambahkan, sikap Cak Imin yang seperti sekarang dianggap karena Ketum PKB itu dekat dengan faksi asing. Tak tahu faksi asing apa yang yang dimaksud Lukman.

“Ya monggo (enggak diundang), memang dia selama ini dekat dengan faksi asing gitu ya. Dianggap mengganggu mungkin, ya nggak tahu juga kitalah,” tutupnya.

Sumber: Kumparan

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *