Istana: Jokowi Tugaskan Wiranto Atasi Kisruh di Papua

epicentrum.id – Presiden Joko Widodo sudah mengetahui perstiwa kerusuhan yang ada di Monokwari, Papua Barat, Senin pagi, 19 Agustus 2019. Diketahui, massa juga membakar gedung DPRD Papua Barat.

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, Joko Widodo langsung menghubungi Menkopolhukam Wiranto untuk menyelesaikan masalah ini.

“Pak Presiden menyampaikan ke Pak Menkopolhukam untuk menyelesaikan masalah ini. Menkopolhukam adalah pembina Polisi dan TNI supaya menangani kejadian ini secara persuasif dan lakukan komunikasi dengan tokoh agama dan adat supaya cepat kondusif,” ujar Ngabalin saat diwawancarai tvOne.

Ngabalin menambahkan, sekitar 45 menit lalu pihak Istana sudah mendapatkan informasi langsung dari Kapolda Papua Barat Brigjen Herry Rudolf Nahak bahwa sudah dilakukan komunikasi dengan pihak-pihak tersebut.

“Baik Kapolda dan Pangdam akan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh. Atas nama pemerintah, kami minta doa dan dukungan supaya kejadian di Manokwari cepat selesai,” kata dia.

Sebelumnya, massa aksi memblokade sejumlah jalan di Monokwari, Senin pagi. Massa yang beringas juga membakar kantor DPRD Papua Barat. Aksi ini terjadi buntut kejadian di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Peristiwa ini kemudian viral dan memprovokasi warga Papua yang berada di mana saja.

Polisi juga sudah berjaga di sejumlah lokasi kerusuhan agar tidak meluas. Akibat kejadian ini, sekolah, perkantoran dan bank ditutup agar tidak makan korban jiwa. (vivanews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *