Keren! Gamelan Indonesia Jalan-jalan ke Negeri Paman Sam

epicentrum.id, JAKARTA – Kesenian gamelan yang merupakan warisan budaya Takbenda Indonesia akan dipromosikan melalui sebuah karavan di Amerika serikat. Karavan gamelan tersebut merupakan rangkaian dari Indonesia Culture Caravan 2019 yang merupakan misi budaya dari Alumni Big Ten Indonesia.

Pada gelaran ini nantinya akan ada 27 delegasi yang akan menampilkan kesenian gamelan Sunda dan Jawa serta tarian tradisional di 6 kota (6 universitas) di Midwest, Amerika Serikat (AS), selama dua pekan. Mereka akan berangkat pada 26 September dan kembali pada 12 Oktober 2019. Mereka akan tampil di Northern Illinois University (Chicago), Wisconsin University (Madison), Indiana University (Bloomington), dan University of Michigan (Ann Arbor).

“Misi kebudayaan Indonesia Culture Caravan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Alumni BIG TEN Indonesia dengan Sekolah Bogor Raya di Midwest USA 2019 patut diapresiasi,” kata Indroyono Soesilo ketika menerima delegasi ICC di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kamis, 15 Agustus 2019.

Indroyono menyatakan misi kebudayaan ICC 2019 mempunyai arti penting dalam memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-AS (1949 – 2019). Gelaran ini juga untuk dalam mempererat hubungan masyarakat di kedua negara atau people to people. Baca juga: 5 Destinasi Wisata Murmer di Jepang Cocok Buat yang Low Budget

“Hal penting dari misi budaya ICC ini adalah mempromosikan Wonderful Indonesia,” kata Indroyono Soesilo.

Indroyono juga mengatakan, bahwa Amerika Serikat sendiri merupakan salah satu pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Tahun ini Indonesia memproyeksikan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 18,5 juta wisman.

Target kunjungan wisman tersebut terutama dari negara potensial di antaranya Tiongkok menargetkan 3.570.000 wisman, Eropa 2.580.000 wisman, India 820.000 wisman, Jepang 720.000 wisman, Amerika Serikat 560.000 wisman, Timur Tengah dan Arab Saudi 320.000 wisman, Taiwan 310.000 wisman, dan Hongkong 130.000 wisman. Lebih jauh, program misi budaya ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan apresiasi terhadap budaya Indonesia serta ikut serta melestarikan keberadaan pertunjukan gamelan. (viva)

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *