Donald Trump Serukan Presiden China Untuk Temui Demonstran Hong Kong

Epicentrum.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak Presiden China Xi Jinping untuk menemui pengunjuk rasa di Hong Kong. Menurut Trump, pertemuan antara Xi dan aktivis pro-demokrasi dapat mengakhiri unjuk rasa.

“Jika Presiden Xi bertemu langsung dengan para pengunjuk rasa, maka akan ada akhir yang bahagia dan cerah untuk permasalahan di Hong Kong. Saya tidak pernah ragu,” tulis Trump di akun twitternya pada Kamis (16/8).

Dalam cuitan sebelumnya, Trump mengatakan ia tidak pernah meragukan Xi untuk bisa menyelesaikan konflik di Hong Kong secara manusiawi.

“Tentu saja China ingin membuat kesepakatan. Biarkan mereka bekerja secara manusiawi dengan Hong Kong terlebih dahulu!” tulis Trump.

Seruan agar Xi bertemu dengan para aktivis disampaikan Trump setelah ribuan personel militer China terlihat berkumpul di sebuah stadion olahraga di Shenzen, kota perbatasan yang letaknya di seberang Hong Kong.

Pada Kamis (15/8), Duta Besar China untuk Inggris memperingatkan bahwa Beijing tidak hanya akan duduk dan diam. Mereka siap bertindak jika kondisi di Hong Kong semakin memburuk dan tidak terkendali.

Sejak awal Juni, Hong Kong dilanda puluhan aksi demonstrasi dari jutaan warganya. Kondisi Hong Kong saat ini tercatat sebagai kondisi paling buruk sejak Inggris menyerahkan wilayah itu ke China pada 1997.

Awalnya, aksi protes berkaitan dengan penolakan terhadap RUU Ekstradisi. Namun, aksi berubah menjadi gerakan yang lebih luas dan tuntutannya berubah menjadi reformasi demokrasi. (SC)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *