David Luiz, Untungkan Arsenal Tapi Bikin Rugi Chelsea

David Luiz (foto: skysports)

epicentrum.id, LONDON – David Luiz sudah resmi menjadi milik Arsenal. Bek veteran asal Brasil dibajak The Gunners dari sesam klub asal kota London, Chelsea. Di balik transfer eks Benfica ke Arsenal, ternyata The Blues punya kerugian melepasnya kepada sang rival.

Menurut laporan Sky Sports, Arsenal hanya mengeluarkan dana sebesar 8 juta Poundsterling untuk memboyong mantan pemain yang juga pernah membela Paris Saint-Germain (PSG) ini. Jika dikonversi ke nilai Rupiah, manajemen armada Meriam London mengeluarkan uang hanya senilai Rp138 miliar buat Luiz.

Jumlah ini tentunya menurun drastis, jika dibandingkan dengan dana yang dikeluarkan Chelsea saat memulangkannya dari PSG. Defender berusia 32 tahun ini kembali berseragam Chelsea setelah ditebus lagi dari PSG awal musim 2016/2017, dengan dana sebesar 34 juta Poundsterling, atau setara dengan Rp586,2 miliar.

Meski usianya sudah tak lagi muda, tapi pengalaman Luiz jelas menjadi nilai lebih. Sebab boleh dibilang, Luiz adalah salah satu jimat bagi armada London Barat. Pada kesempatan pertama membela Chelsea periode 2010 hingga 2014, Luiz ikut mempersembahkan gelar Liga Champions 2011/2012 dan Liga Europa 2012/2013.

Tak cuma itu, Luiz juga ikut membawa Chelsea meraih gelar juara Premier League 2016/2017, Piala FA 2011/2012 dan 2017/2018, serta Liga Europa 2018/2019.

Kerugian kedua yang didapat Chelsea lantaran menjual Luiz tentu berhubungan dengan sanksi larangan transfer yang tengah membelit. Ya, musim ini pemegang enam gelar juara Premier League (satu gelar dari First Division) tak bisa membeli pemain akibat sanksi FIFA.

Chelsea dijatuhi sanksi larangan transfer dalam dua jendela transfer, masing-masing pada musim panas 2019 dan musim dingin 2020. Hukuman ini adalah buntut dari hasil investigasi yang membuktikan Chelsea merekrut pemain asing di bawah usia 18 tahun.

Kepergian Luiz berarti akan meninggalkan celah di lini belakang. Di sisi lain, Chelsea takkan bisa mencari pengganti Luiz dalam waktu dekat akibat sanksi tersebut. Setidaknya, Chelsea baru bisa mencari suksesor Luiz pada bursa transfer musim panas 2020. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *