Simpan Makanan di Dalam Lemari Es Tetap Awet Dengan Cara Ini

ilustrasi foto: thespruce.com)

epicentrum.id, JAKARTA – Lemari es memiliki peranan dalam membantu menjaga makanan tetap awet. Tapi, setiap bahan makanan punya karakter berbeda karenanya perlu disimpan dengan benar agar tak rusak dan terbuang percuma.

Bahan makanan harus disimpan dengan benar dan tepat agar tahan lama dan bisa dipakai sesuai batas simpannya. Dilansir dari laman Daily Meal berikut ini beberapa cara untuk membuat makanan tahan lama di dalam lemari es.

1. Periksa temperatur lemari es

Ini adalah cara mudah memperpanjang umur makanan Pastikan kamu mengatur suhu lemari es dengan benar. Agar semuanya tetap segar, suhu kulkas optimal adalah sekitar 3 derajat celsius.

2. Jangan cuci sayur dan buah sebelum dimasukkan ke kulkas

Sudah menjadi hal umum bagi kita mencuci sayur dan buah setelah dibeli dari pasar. Tetapi sebaliknya, jangan cuci sayur dan buah, sebab mencuci bisa membuatnya menjadi lembap. Ketika masuk ke dalam kulkas dalam keadaan lembap, menyebabkan produk lainnya rusak, membuat jamuran, dan umumnya menjadi lebih cepat rusak. Simpan buah-buahan dan sayuran tanpa dicuci di lemari es dan cuci hanya saat kamu membutuhkannya.

3. Simpan bawang putih dan bawang bombai di kantung berventilasi

Jangan menyimpan bawang bombai dan bawang putih di lemari es. Sebagai gantinya, simpan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik. Pastikan juga untuk menyimpannya jauh dari kentang, karena bawang akan menyebabkan kentang membusuk.

Bawang bombai dan bawang putih memiliki lapisan luar yang sangat kering untuk melindunginya. Menyimpannya di lemari es yang dingin dan kurang sirkulasi udara, membuat tekstur bawang menjadi lembek dan berjamur.

4. Simpan sayuran hijau dalam wadah penyimpanan dengan paper towel

Sayuran hijau seperti selada bisa berubah dari segar dan renyah menjadi layu, dan bahkan berlendir jika tidak disimpan dengan benar. Setelah membelinya dari pasar pastikan untuk memindahkan selada ke wadah penyimpanan yang sesuai seperti kantong plastik, wadah gelas, apa pun yang Anda inginkan.

Tambahkan satu atau dua lembar kertas tisu di bagian atas dan bawah sebelum membuka atau menyegel tutupnya. Paper towel secara efektif menyerap kelebihan air yang biasanya menyebabkan selada rusak sebelum digunakan.

5. Cuci buah-buahan berry dengan cuka dan air

Untuk memperpanjang usia simpan buah berry di lemari es, celupkan sebentar ke dalam larutan cuka kemudian tiriskan dan simpan. Campuran air cuka membantu membunuh bakteri atau spora yang dapat mengubah buah menjadi lembek.

6. Simpan produk susu di bagian belakang kulkas

Sebagian besar orang menyimpan susu mereka di pintu lemari es, tetapi itu salah. Pintu kulkas sebenarnya adalah bagian terhangat dalam kulkas. Tempat terbaik untuk benar-benar menyimpan susu dan produk susu lainnya adalah bagian belakang lemari es, yang paling jauh dari pintu karena tempat itu tetap lebih dingin bahkan jika kita terlalu sering membuka tutup pintu lemari es.

7. Bungkus seledri dan brokoli dalam alumunium foil

Brokoli dan seledri cenderung menjadi layu jika tidak disimpan dengan benar karena mereka melepaskan banyak etilena. Membungkusnya dengan alumunium foil akan membantu mereka tetap segar lebih lama.

8. Bekukan sisa makanan

Jika ada sisa makanan, jangan biarkan sisa makanan itu berada di belakang kulkas selama berhari-hari sampai dibuang. Alih-alih memasukkannya ke wadah yang sesuai, beri label dengan konten dan tanggal dan masukkan ke dalam freezer. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *