Tim Gabungan POLRI – PLN Investigasi Penyebab Blackout Listrik Jawa -Bali

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo. photo /Detik.com

Epicentrum.id – Tim investigasi gabungan Polri dan PLN sudah memasang garis polisi di tower transmisi daerah Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah, sejak Minggu (4/8/2019) kemarin

Tower itu merupakan tempat kejadian perkara pemadaman listrik alias blackout di hampir seluruh Pulau Jawa dan Bali.

Tim gabungan pun akan mengecek TKP pada Selasa (6/8/2019) ini.

“Kami baru hari ini akan turun ke lapangan,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa siang.

Berdasarkan informasi sementara yang didapatkan pihak kepolisian, pemadaman listri di hampir seluruh Jawa dan Bali, Minggu lalu, disebabkan oleh kerusakan pada tower transmisi di daerah Gunung Pati.

Dugaan sementara adalah terdapat pohon yang melewati batas ketinggian sehingga menyebabkan flash atau lompatan listrik.

“Sementara sudah ada empat orang saksi yang merupakan petugas. Mereka belum diminta keterangan secara pro justicia ya, baru interview dan wawancara untuk mengetahui penyebab utama terjadinya blackout,” kata Dedi.

Apabila didasarkan pada dugaan sementara, kepolisian belum menemukan adanya unsur kesengajaan atau sabotase. Meski demikian, kepolisian tetap akan teliti dalam melakukan investigasi.

“Masih belum mengarah ke situ (kesengajaan). Itu nanti akan diperiksa semuanya, akan diminta keterangan dari mulai yang ada di PT Ungaran, kemudian beberapa saksi, kemudian yang ada di pusat,” tutup Dedi. (Karolus Surbakti)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *