Mengekor Bank Indonesia, Bank Sentral AS Turunkan Suku Bunga

epicentrum.id – Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve memangkas suku bunga acuannya pada Rabu waktu setempat. Langkah ini disebut, guna mempertahankan ekspansi dan melindungi ekonomi AS dari meningkatnya risiko ekonomi Global.

Dilansir dari The New York Times, Kamis 1 Agustus 2018, penurunan tersebut sebesar 0,25 basis poin dan pertama kali dilakukan sejak 2008. Pertumbuhan ekonomi di China dan Eropa, serta kepastian perang dagang menghantui ekonomi AS saat ini.

“Prospek ekonomi AS, tetap menguntungkan dan tindakan ini dirancang untuk mendukung prospek itu,” kata Gubernur The Fed, Jerome Powell, pada konferensi pers setelah keputusan.

Keputusan ini pun merupakan Itu adalah titik balik, namun dinilai mengecewakan pasar dan Presiden Donald Trump. Yang berharap, untuk penurunan suku bunga yang lebih besar.

Komite pasar Fed menurunkan kisaran target tersebut, untuk suku bunga pinjaman menjadi dua persen hingga 2,25 persen, atau atau 25 basis poin dari tingkat sebelumnya.

“Ini bukan awal dari serangkaian pemotongan suku bunga yang panjang – saya tidak mengatakan itu hanya satu,” kata Powell.

“Apa yang kami lihat adalah bahwa adalah tepat untuk menyesuaikan kebijakan dengan sikap yang agak lebih akomodatif dari waktu ke waktu, dan itulah bagaimana kami melihatnya,” ungkapnya. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *