Momentum Harkopnas, Pahlevi Pangerang Ingin Tumbuhkan Jiwa Bisnis Generasi Muda

Pahlevi Pangerang, Ketua Panitia Pelaksana Harkopnas 2019 di tugu Koperasi Nasional, Tasikmalaya (instagram)

epicentrum.id, JAKARTA – Puncak perayaan Hari Koperasi Nasional pada tahun ini akan berlangsung di GOR Satrio, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Perhelatan acara Koperasi terbesar tahunan tersebut juga rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Gaung kemeriahan acara ini sudah terasa sejak beberapa bulan lalu. Mulai dari acara “Gerak Jalan 1 Juta Anggota Koperasi” pada 31 Maret 2019 lalu. Acara gerak jalan yang bertempat di Solo beberapa waktu lalu itu diikuti oleh Dekopinda Se Jawa Tengah, Dinas Koperasi & UKM se-Jawa Tengah, Lembaga Koperasi se-Jawa Tengah, Unit Koperasi Sekolah , Perguruan Tinggi, TNI, POLRI , dan Masyarakat Umum.

Walaupun puncak acara berlangsung pada 12 Juli 2019 ini, namun, menurut rencana perayaan akan berlangsung hingga bulan Oktober nanti.

Sosok Kader Golkar di Balik Layar

Di balik kemeriahan acara nasional ini, ternyata berdiri sesosok kader Partai Golkar yang ikut bekerja keras demi kesuksesan acara tersebut. Pahlevi Pangerang mengemban amanah sebagai Ketua Panitia Pelaksana Harkopnas 2019. Sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum (Wabendum) DPP Partai Golkar ini memang telah lama berkecimpung mengembangkan Koperasi.

Keterlibatannya sebagai Ketua Komite DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia) dan juga sebagai Wakil Ketua Komite Tetap UKM dan Industri Kreatif KADIN membuatnya tidak asing lagi di dunia Koperasi dan pengusaha. Perhelatan Koperasi tahunan yang diketuainya ini disebut-sebut sebagai ajang Koperasi terbesar sepanjang sejarah di Indonesia.

Pahlevi menuturkan Presiden Joko Widodo sedianya akan menghadiri langsung puncak acara yang berlangsung di Provinsi Jawa Tengah, 12 Juli 2019. Secara khusus, Purwokerto dan Banyumas memang menjadi sentral kegiatan mengingat catatan historis daerah tersebut terhadap perkembangan gerakan Koperasi di Indonesia.

Koperasi Milenial, Sukses di Era Industri 4.0 Serta Jadi Wadah Kewirausahaan Generasi Muda 

Momentum Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2019 ini tidak saja mendorong Koperasi untuk kembali menjadi sokoguru yang menopang dan menggerakkan ekonomi masyarakat di level nasional, namun juga ikut bersaing di level internasional. Semangat itu terpatri dalam tema yang diusung dalam perhelatan tahun ini, yaitu “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”.  Koperasi-koperasi Asia Pasifik turut hadir menjadi tamu undangan untuk memeriahkan event Expo Koperasi Internasional yang digelar dalam perayaan Harkopnas 2019.

Melalui penyelenggaraan Harkopnas ini, Pahlevi berharap agar dapat menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholder gerakan Koperasi nasional. Sekaligus menjadi momentum mempromosikan Koperasi sebagai sistem ekonomi yang berkeadilan.

Pahlevi Pangerang menyadari pentingnya kesadaran dan kepedulian generasi muda sebagai tulang punggung pergerakan Koperasi. Perayaan puncak Harkopnas 2019 juga kental dengan warna milenial yang berbalut nuansa budaya lokal.

 

Satu hal yang ingin didorong oleh Pahlevi Pangerang, yaitu menjadikan Koperasi sebagai wadah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) di kalangan anak muda. “Saya ingin menumbuhkan jiwa entrepeneur di kalangan anak muda melalui Koperasi,” ujarnya.

Hari Koperasi Nasional ke-72 juga akan menjadi ajang untuk menggugah kesadaran masyarakat, terutama generasi milenial, tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini juga sejalan dengan pergerakan Koperasi yang sangat ramah dengan lingkungan.

Demi mewujudkan ajang ramah lingkungan tersebut, tidak ada botol minuman plastik ataupun wadah plastik lainnya yang akan digunakan dalam acara tersebut.  (epicentrumnews)

 

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *