Harkopnas 2019, Membenahi Koperasi Demi Sukses di Era Revolusi Industri 4.0

epicentrum.id, JAKARTA –¬†Perayaan Hari Koperasi Nasional pada tahun 2019 mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. Tema tersebut seolah menjadi gambaran kesiapan sekaligus tantangan yang dihadapi oleh Koperasi di usianya yang menginjak 72 tahun pada 12 Juli ini.

Di era milenial yang serba digital, Koperasi berbenah. Menegakkan kembali Koperasi sesuai nafas yang dicanangkan oleh Dr (HC) Drs. H. Mohammad Hatta yang dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Sedari dulu, beliau telah melihat koperasi sebagai kegiatan wadah kegiatan ekonomi yang cocok dengan watak bangsa ini. “Koperasi adalah usaha bersama dengan berdasarkan atas kekeluargaan,” demikian ungkapnya berpuluh-puluh tahun lalu.

Sayangnya, peran koperasi saat ini masih belum maksimal meningkatkan perekonomian secara nasional. Sebagai langkah untuk mengembalikan Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional yang membawa kesejahteraan masyarakat, maka perlu dilakukan berbagai upaya untuk memperbaiki dan mengembangkan sektor Koperasi, yaitu melalui reformasi Koperasi.

Reformasi Koperasi

Langkah reformasi Koperasi ini terdiri dari rehabilitasi, reorientasi, serta pengembangan Koperasi agar dapat menyesuaikan diri dengan tantangan di era revolusi industri 4.0.

Pertama, dengan melakukan rehabilitasi Koperasi. Melalui langkah ini, melakukan pembaharuan organisasi dengan cara pemutakhiran data dan pembekuan. Tindak lanjutnya yaitu berupa pembubaran Koperasi yang tidak aktif.

Langkah berikutnya dengan reorientasi Koperasi. Mengubah cara pandang atau paradigma, dari yang awalnya pendekatan kuantitas, menjadi pendekatan yang mengedepankan kualitas kelembagaan Koperasi.

Kegiatan pembaharuan organisasi dan perubahan cara pandang kemudian berlanjut dengan langkah ketiga, yaitu pengembangan Koperasi. Pengembangan Koperasi ini dilakukan secara bertahap dan terukur melakukan peningkatan dan pengembangan kapasitas usaha serta kelembagaannya.

Ketiga langkah ini diharapkan dapat mendorong Koperasi ke level internasional. Hari Koperasi Nasional ini menjadi momentum untuk membawa Koperasi yang baru dan adaptif di era milenial. Koperasi tetap dibutuhkan untuk membangun kekuatan perekonomian rakyat, melalui penguatan fungsi dan peningkatan kualitasnya, agar dapat memberikan manfaat secara riil bagi masyarakat. (epicentrumnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *