Ternyata Racun Berbahaya Bisa Masuk Dalam Rumah, Perhatikan 5 Produk Ini!

ilustrasi

epicentrum.id, JAKARTA – Rumah bisa jadi tempat tinggal yang nyaman jika dirawat dan selalu dibersihkan. Namun, tahukah Anda, beberapa produk kimia yang tersimpan di rumah, justru bisa menjadi racun berbahaya.

Banyak produk-produk yang Anda beli dan disimpan di dalam rumah, tanpa disadari ternyata dapat menimbulkan risiko kesehatan yang sangat besar dan menimbulkan ancaman serius jika Anda tidak berhati-hati. Dilansir dari Reader’s Digest, 10 Juli 2019, berikut lima produk rumahan yang dapat menimbukan risiko kesehatan.

1. Sabun antibakteri

Sabun antibakteri diyakini dapat membunuh bakteri di tangan Anda, tetapi sabun ini dapat membuat tubuh Anda kebal terhadap antibiotik. Food and Drug Administration (FDA), merekomendasikan untuk mencuci tangan menggunakan air dan sabun biasa.

kontes SEO banner sabun transparan - header 728x90px

2. Cotton bud

Telinga dirancang untuk membersihkan sendiri kotoran yang ada di dalamnya dan membantu memindahkan dari gendang telinga ke bagian luar telinga. Penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga dapat menyebabkan cedera dan infeksi pada gendang telinga Anda. Jadi, simpan cotton bud Anda untuk penggunaan lain.

3. Obat kumur

Terkadang, anak-anak sengaja menelan obat kumur karena tergoda dengan rasa mint-nya yang menyegarkan, padahal ini sangat berbahaya. “Obat kumur biasanya mengandung etanol, yang beracun bagi anak-anak dan juga dapat menyebabkan gula darah rendah,” kata Dr. Weiner. Beberapa obat kumur mengandung lebih dari 22 persen alkohol. Minum beberapa mililiter (ml) bisa membuat anak kecil mabuk dan membuat mereka mengalami gangguan pencernaan.

4. Tabir surya

Tabir surya memang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit. Namun, bayi tidak disarankan untuk menggunakannya. Kulit bayi yang masih sensitif dapat membuat mereka rentan terhadap bahan kimia yang terkandung dalam tabir surya.

5. Produk anti penuaan dan pencerah kulit

Produk-produk tersebut mengandung merkuri. Jika label mencantumkan mercurous chloride, calomel, mercuric, mercurio atau mercury, itu berarti produk tersebut mengandung merkuri. Jangan membeli atau menggunakannya, karena merkuri dapat ‘membunuh’ Anda. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *