Mana yang Lebih Aman, Talenan Plastik Atau Kayu?

ilustrasi talenan (foto: Pixabay/StockSnap)

epicentrum.id, JAKARTA – Talenan merupakan alat dapur yang wajib dimiliki ibu rumah tangga. Itu karena talenan bisa membantu dalam mempersiapkan makanan, seperti memotong bawang, sayur hingga daging. Talenan sendiri ada dua jenis bahannya, yakni kayu dan plastik. Lalu dari kedua jenis talenan tersebut, mana yang lebih baik dan aman digunakan? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Talenan kayu

Chef Frank Proto selaku Direktur Operasional di Institute of Culinary Education mengatakan bahwa dibandingkan kayu, talenan plastik lebih mudah dalam pemeliharaan.

“Saya suka talenan kayu, saya punya talenan kayu yang indah yang saya gunakan sepanjang waktu di rumah saya. Tapi kamu harus hati-hati karena sebagian besar, talenan kayu sulit dibersihkan,” kata dia.

Bukan hanya itu saja, Proto menyebut bahwa talenan kayu juga rentan terhadap bakteri yang bisa menyebabkan penyakit bawaan makanan. North Carolina Cooperative Extension mencatat, meskipun beberapa talenan kayu memiliki kualitas antimikroba, namun mikroorganisme dapat terperangkap dan bertahan hidup dalam keadaan tidak aktif.

Itu sebabnya di New York City, menurut Proto, ilegal menggunakan talenan kayu di restoran atau tempat pelayanan makanan.

“Talenan plastik yang benar-benar dapat Anda bersihkan di mesin pencuci piring Anda, sedangkan yang kayu tidak bisa Anda masukan di mesin pencuci karena kayu akan membengkak dan menyerap air,” kata Proto.

Talenan plastik

Anda mungkin berpikir talenan plastik lebih baik karena lebih mudah dibersihkan dan disanitasi, sehingga secara logis akan membuatnya lebih aman. Namun, menurut profesional bersertifikat dalam keamanan pangan dan editor senior di StateFoodSafety.com Katie Heil, talenan plastik cenderung lebih mudah rusak daripada kayu.

“Setelah talenan plastik Anda tergores, ada lebih banyak tempat bagi patogen untuk bersembunyi dan lebih sulit untuk membuatnya sepenuhnya bersih,” kata dia.

Para peneliti yang membandingkan jumlah bakteri pada talenan plastik dengan jumlah pada talenan kayu menemukan bahwa talenan kayu, terlepas dari apakah mereka baru atau bekas, memiliki lebih sedikit bakteri setelah dibersihkan daripada talenan plastik bekas. Studi lain menunjukkan hasil serupa.

Secara umum, menurut Heil. kayu lebih keras dari plastik, jadi bekas goresan pisau tidak terlalu dalam. Jenis goresan pada talenan kayu juga penting. FDA merekomendasikan agar Anda mencari kayu yang keras, berbutir seperti maple, yang lebih tahan terhadap kerusakan akibat air.

Cara membersihkan talenan kayu dan plastik

Ketika Porto menggunakan talenan kayunya, dia menggosok dengan garam jika nodanya sangat kuat, lalu membersihkan dengan air sabun yang panas. Lalu mengeringkannya dengan sangat cepat. Talenan kayu juga perlu dirawat secara teratur dengan mineral yang aman dari makanan atau mengolesinya dengan minyak agar tidak mengering.

kontes SEO banner sabun transparan - header 728x90px

Untuk membersihkan talenan kayu dan plastik, saran USDA adalah dengan menambahkan satu sendok makan pemutih ke satu galon air, lap talenan dengan cairan, lalu bilas dengan air bersih lalu tepuk sampai kering.

Jika Anda masih tidak yakin mana yang harus digunakan, mengapa tidak mencoba keduanya? Ben Chapman, seorang peneliti keamanan pangan di North Carolina State merekomendasikan penggunaan talenan plastik untuk daging dan talenan kayu untuk buah, sayuran, roti, dan keju. Namun pastikan untuk membersihkannya dengan baik dan ganti ketika mereka tergores.(viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *