Malam Ini Saturnus Tampak Lebih Jelas, Bisa Lihat Cincinnya Lho

epicentrum.id – Malam ini jika kamu tak punya agenda penting, nikmatilah langit malam. Pada malam ini sampai subuh hari, kamu bisa melihat Planet Saturnus yang tampil lebih terang dan jelas pada malam hari Selasa 9 Juli 2019. Saturnus akan terlihat cerah kekuningan.

Menariknya, terangnya Saturnus bisa diamati dengan mata telanjang. Namun untuk pengamatan terbaik, kamu sebaiknya menggunakan teleskop bila ingin melihat planet ini lebih dekat beserta cincinnya. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menjelaskan, fenomena langit pada malam nanti disebut dengan Oposisi Saturnus.

“Oposisi Saturnus bakal jelas terlihat sekitar jam 8 malam (20.00) sampai pukul 4 pagi. Akan terlihat lumayan terang di sebelah timur dan berwarna kekuningan dan tidak berkedip seperti bintang,” tulis LAPAN di akun media sosialnya, Selasa 9 Juli 2019.

Oposisi Saturnus bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia mulai petang hari Selasa 9 Juli 2019 sampai matahari terbit pada Rabu 10 Juli 2019.

“Tahun ini Oposisi Saturnus tepat pada tanggal 9 Juli. Saturnus akan berada di depan rasi Sagitarius dekat dengan arah pusat Bimasakti. Oposisi Saturnus bisa terlihat dengan mata, tapi kalau ingin melihat lebih dekat sampai terlihat cincin Saturnus harus pakai teleskop,” ujar LAPAN.

LAPAN menjelaskan, fenomena tersebut terjadi karena Bumi sedang mengorbit di antara Matahari dan Saturnus. Dengan demikian, Matahari-Bumi-Saturnus berada dalam garis lurus di Tata Surya.

Oposisi Saturnus terjadi sekitar 380 hari sekali. Saat periode ini, Saturnus bakal tampak berseberangan atau oposisi dengan Matahari kalau dilihat dari Bumi. “Sehingga Planet Saturnus ini tampak lebih terang dan jelas di malam hari,” jelas LAPAN. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *