Kekurangan Personel, Basarnas Akan Rekrut 8000 Pensiunan TNI Polri

personel Basarnas

epicentrum.id – Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, mengatakan bahwa saat ini Basarnas masih mengalami kekurangan personel. Bagus menyebut ada dua opsi untuk menambah kekurangan personel, yaitu membuka lowongan baru atau merekrut para purnawirawan TNI dan Polri untuk bergabung.

“Saat ini kebutuhan personel Basarnas secara nasional idealnya di angka 11.400 orang. Sedangkan saat ini total personel kita hanya 3.400 orang,” ujar Bagus saat meninjau Kantor Basarnas DIY, Selasa, 25 Juni 2019.

Bagus mengungkapkan kekurangan 8.000 personel untuk Basarnas ini telah dilaporkan ke pemerintah pusat. Diharapkan nantinya akan ada tambahan personel untuk menutup kekurangan yang ada saat ini.

Bagus menjabarkan opsi merekrut purnawirawan dikarenakan Basarnas membutuhkan personel yang memiliki kecakapan di bidang penerbangan dan kemaritiman. Bagus mencontohkan posisi aircrew maupun anak buah kapal (ABK) bisa diambil dari purnawirawan yang punya kecakapan di bidang tersebut.

“Sebenarnya bisa juga dari outsourcing (pihak ketiga). Tapi untuk mencetak aircrew dan ABK kan butuh waktu lama. Jadi kami persilakan purnawirawan untuk bergabung,” tutur Bagus.

Dalam kunjungannya ke Basarnas DIY, Bagus sempat menjajal langsung sejumlah peralatan yang ada. Bagus di antaranya sempat menjajal kendaraan khusus untuk evakuasi di Gunung Merapi, dan kendaraan amfibi yang biasa dipakai oleh Basarnas untuk mengevakuasi kecelakaan laut. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *