Melalui Harkopnas 2019, Dekopin Ingin Koperasi Tampil Kekinian di Era Milenial

Suasana Rapat Koordinasi Panitia Harkopnas beberapa waktu lalu, dipimpin Ketua Harkopnas 2019 Pahlevi Pangerang (baju putih). (epicentrum.id)

epicentrum.id, JAKARTA – Puncak Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) bakal dihelat di Purwokerto, Jawa Tengah, yang puncak kegiatannya pada tanggal 12 Juli 2019. Bertepatan itu, Presiden Joko Widodo direncanakan akan bakal di acara tahunan yang kini mengusung tema “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0”.

Ketua Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang mengatakan harkopnas 2019 ini akan menghadirkan pula sekitar 20.000 masyarakat koperasi dan stakeholder koperasi dari seluruh Indonesia.

”Dekopin dan Pemerintah (Kemenkop dan UKM) selalu berupaya agar Hari Koperasi yang dirayakan setiap tahun menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholders gerakan koperasi nasional,” ujarnya dalam konferensi pers di Pressroom Kemenkop dan UKM, Jakarta, Senin (24/6).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pahlevi menuturkan, Harkopnas tahun ini digelar bukan di ibu kota provinsi. Melainkan, di ibu kota Kabupaten yaitu Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ia pun menerangkan, Harkopnas ini terdiri dari serangkaian acara yang berlangsung dalam periode cukup lama, 8 bulan, yaitu dari Bulan Maret hingga Oktober 2019. Mulai dari grebeg koperasi, gerak jalan sejuta koperasi, renungan suci dan ziarah, hingga jambore koperasi milenial industri 4.0.

“Sangat kental dengan warna milenial serta bernuansa budaya dan kearifan lokal,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum bidang organisasi daerah dan keanggotaan Dekopin, Mohammad Sukri menambahkan, dalam Harkornas itu juga akan mengundang berbagai stakeholder dalam business matching di hari puncak.

“Kami mendapat konfirmasi koperasi luar negeri Iran, Bangladesh, Pakistan, Malaysia dan India, mereka hadir di purwokerto melihat peluang produk-produk yang bisa masuk ke pasar luar negeri,” pungkasnya.

Dalam acara itu, diketahui setidaknya ada 300 eksibitor dari koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia yang menawarkan produk-produk unggulannya. (kumparan)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *