Presiden Akan Hadiri Puncak Acara Hari Koperasi Nasional 12 Juli

logo Hari Koperasi Nasional 2019

epicentrum.id – Presiden Joko Widodo akan hadir dalam pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2019 yang akan digelar di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harkopnas kali ini, mengangkat tema Reformasi Total Koperasi di Era 4.0 yang diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 20 ribu masyarakat koperasi dan stakeholder koperasi dari seluruh Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan mengatakan, gerakan Harkopnas ini merupakan gerakan bersama melaksanakan amanat konstitusi. Dalam rangkaian acara ini juga dilakukan renungan suci dan ziarah ke makam Bung Hatta yang merupakan Bapak Koperasi Indonesia.

“Ini momentum bagi setiap masyarakat menjalankan amanat konstitusi para pendiri bangsa,” kata Rully di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Senin 24 Juni 2019.

Ketua Steering Commite Harkopnas 2019 yang juga Sekjen Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Mohammad Sukri mengatakan, materi yang akan disiapkan pada pelaksanaan Harkopnas 2019 ini adalah soal pergeseran paradigma untuk modernisasi koperasi.

“Sesuai arahan pak menteri atau pemerintah, bahwa koperasi harus bergeser dari kaum old ke kaum milenial. Kedua, mengenai hal konvensional, kita harus berbenah dengan berbagai teknologi terbaru,” katanya.

Peringatan Harkopnas kali ini disebut agak berbeda. Untuk pertama kalinya, puncak peringatan Harkopnas digelar di Ibu Kota Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, yaitu Kota Purwokerto. Selama ini, puncak Harkopnas selalu dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi.

Kegiatan atau rangkaian peringatan Harkopnas 2019 ini sudah berlangsung sejak Maret dan diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober. Perayaan puncak Harkopnas 2019 disebut akan sangat kental dengan warna generasi milenial serta bernuansa budaya dan kearifan lokal.

“Kami selalu berupaya agar ini menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholder gerakan koperasi nasional. Harkopnas merupakan momentum tahunan untuk mempromosikan koperasi sebagai sistem ekonomi berkeadilan,” kata Ketua Orginizing Commite Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *