Wah! Ketimbang Beli Barang, Hal Ini Malah Jadi Pilihan Milenial

ilustrasi (salesforce)

epicentrum.id, JAKARTA – Tahukah Anda bahwa kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara statistik rata-rata biaya hiburan (per kapita per bulan) naik 30,96 persen.

Fenomena pergeseran pola konsumsi ke arah leisure economy ini terjadi di hampir semua negara pada masyarakat kelas menengah, termasuk Indonesia. Menurut studi Haris Group, lebih dari 70 persen kaum milenial lebih memilih untuk menghabiskan pengeluaran mereka untuk sebuah ‘pengalaman’ daripada ‘benda’.

“70 persen milenial kalau punya duit pilih buat experience daripada things. Mereka (pilih) ke konser, Gunung Bromo, Hanoi. Bukan lagi kayak dulu, beli mobil, rumah, atau pakaian,” kata Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience, dalam jumpa pers di Raffles hotel, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juni 2019.

Menurutnya, tren tersebut semakin kuat dengan keberadaan media sosial. Milenial cenderung ingin eksis di media sosial, memperbaharui feed mereka.

“Untungnya ada Instagram, bikin krisis eksis, fear of missing out. Ini real situation buat milenial untuk cari experience supaya eksis di Instagram,” imbuhnya.

Sadar adanya fenomena pergeseran pola konsumsi ke leisure economy menyebabkan perubahan kebutuhan masyarakat dari konsumsi berbasis barang ke konsumsi berbasis pengalaman.

Untuk itu Traveloka hadir sebagai discovery platform, memperkenalkan bagaimana teknologi dapat membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari, sehingga dapat memenuhi kebutuhan serta memperkaya pengalaman hidup para penggunanya, melalui Traveloka Experience.

Dalam rangka ulang tahun Kota Jakarta ke-492, Travelola Experience memberikan diskon hingga 49 persen kecuali tiket film dan konser. Hal ini seperti disampaikan Terry Santoso, Head of Xperience Product Marketing Traveloka.

“Kerja sama dengan Pemkot, Pemda, memberikan diskon mulai dari 49 persen selama 3 hari. (Promo) bisa dilihat dari pukul 00.01 malam ini (21 Juni 2019) sampai 23 Juni 2019,” kata Terry. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *