Aburizal Bakrie Ungkap 3 Tips Sukses Dalam Berbisnis

Aburizal Bakrie (epicentrum.id)

epicentrum.id, JAKARTA – Di hadapan para kader muda Partai Golkar, Aburizal Bakrie berbagi pengalaman dan tips kesuksesannya. ARB mengungkapkan berbagai hal yang menjadikannya sebagai sosok pebisnis yang disegani di tanah air, bahkan Asia.

Dalam acara “Ngopi Bicara Bisnis Bareng Bang ARB” yang berlangsung di kantornya pada Rabu, 19 Juni 2019, ARB menyebut beberapa hal terkait kesuksesannya sebagai seorang pebisnis, sebagaimana dirangkum oleh epicentrum.id.

Kekuatan Networking

Salah satu kunci kesuksesan ARB berbisnis karena dirinya selalu mengembangkan kekuatan jaringan bisnisnya. Sebagaimana terungkap ketika dirinya berbagi tips kesuksesan di hadapan kader muda Partai Golkar.

“Kunci sukses bisnis itu antara lain terkait networking, bagaimana kita memperluas jaringan dan membangun kepercayaan,” ungkap ARB.

Networking yang kuat dapat membawa dampak positif dalam berbisnis. Membangun jaringan tidak hanya di awal mulai berbisnis, namun juga ketika sudah berada di puncak, terus membangun jaringan baik sesama pengusaha ataupun berbagai orang dengan latarbelakang lainnya.

Ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak tentunya bisnis dapat berjalan dan berkembang dengan lebih mudah dan baik.

Manfaatkan Informasi

Di era yang sarat informasi, ARB mengungkapkan pentingnya memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk mendapatkan keuntungan dari pihak yang tidak mendapatkan informasi tersebut.

“Yang tak kalah pentingnya juga tentang informasi, bagaimana kita memahami bisnis yang akan kita jalani sehingga bisa sukses dibanding mereka yang tidak memiliki informasi itu,” ujarnya.

Tentu saja seorang pebisnis harus mampu menangkap dan menyaring informasi yang baik. Dengan demikian, informasi tersebut menjadi sesuatu hal yang sangat berharga untuk mengembangkan bisnisnya.

Pembiayaan (Financing)

Hal lain yang juga menjadi tips penting dari Aburizal Bakrie yaitu terkait financing, atau pembiayaan. “Juga yang tak kalah penting adalah soal financing,” jelas ARB.

Pembiayaan atau financing merupakan pondasi penting dalam membangun serta mengembangkan sebuah bisnis. Kesuksesan menjalankan bisnis dapat dilihat dari kemampuan seorang pebisnis untuk dapat mengakses pembiayaan serta mengelolanya dengan baik. (epicentrumnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *