Platini, PSG, Barcelona dan Qatar

oleh Kusnandang, pemerhati bisnis sepak bola

epicentrum.id – Qatar Holding dan Qatar Foundation, dua BUMN yang berasal dari salah satu negara di kawasan Teluk Persia sedang mempersiapkan hajatan besar di negaranya pada tahun 2022 nanti. Persiapan yang akan dilakukan adalah penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Negara yang dimaksud adalah Qatar.

Dua hari terakhir media-media Eropa ramai memberitakan penangkapan mantan presiden UEFA yang juga mantan legenda Juventus dekade 70-an, Michael Platini. Bukan perkara enteng memang Platini masuk wilayah pemberitaan sensitif, mengingat hubunganya dengan skandal suap penunjukan Qatar sebagai negara tuan rumah Piala Dunia.

Hal tadi bertambah rumit dengan muncul nama mantan presiden Prancis Nicholas Sarkozy. sebab Platini dilibatkan Sarkozy dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin Qatar pada medio 2010 saat ada perjanjian dagang antara dua negara, dari pendirian stasiun televisi Bein Sport sampai penjualan 50 Airbus A380.

Mengapa Platini bisa terlibat dalam pertemuan ini? Pertanyaan yang cukup aneh memang, mengingat kapasitas legenda Prancis saat menjuarai Piala Eropa 1974 ini bukan pemangku kepentingan dalam hal perjanjian antar negara dan juga bukan seorang diplomat yang menengahi perjanjian antar pemerintah.

Karena rencana Qatar akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, maka Platini dilibatkan dalam pertemuan yang dilakukan di Champ Ellysse (Istana Kepresidenan Prancis) dengan diundang langsung oleh Sarkozy. Sarkozy, suami dari mantan model dan bintang film asal Italia Cara Bruni, meminta asosiasi sepak bola eropa (UEFA) yang notabene saat itu sedang dipegang oleh Palatini untuk memberikan suaranya kepada Qatar saat pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022.

Kesepakatan ini berhasil dan Prancis mendapatkan durian runtuh dari berbagai sektor dari hasil tanda tangannya para delegasi Qatar tersebut. Tercatat, selain pembelian 50 Airbus A380, juga ada plan bisnis yang menyangkut sepakbola, antara lain pembelian klub Paris Saint Germain (PSG) dimana Sarkozy adalah suporter setianya. Saat itu PSG sedang dililit utang dan pembayaran sering di luar batas waktu. Yang paling fantastis dalam kesepakatan tersebut pembuatan stasiun televisi Bein Sport yang nilai bisa mencapai 2 milyar euro ketika itu. Perlu diketahui Bein Sport adalah holding di bawah Aljazeera milik Qatar dan Canal+ milik Perancis. Kedua korporasi tersebut membuat lini televisi olah raga khusunya sepak bola, yang dipersiapkan untuk persiapan Piala Dunia 2022 Qatar.

Kembali pada Platini, tidak ada yang tahu pasti berapa besar uang yang mantan ketua panitia piala dunia Prancis 1998 tersebut dapatkan dari Emir Qatar, tapi nilainya akan sangat besar sebagai pelicin.

Tidak sampai di situ, korporasi Qatar bergeliat untuk persiapan 2022, Barcelona yang merupakan klub raksasa Eropa dan Spanyol lewat anak perusahaan Qatar Holding berhasil mensponsori jangka panjang dengan tim Katalunya itu. Dalam perjalanannya banyak pula permainan kartel diantara dua klub eropa tesebut, baik Barcelona maupun PSG.

Strategi kartel korporasi Qatar di dua klub eropa tersebut itu adalah permainan jual beli pemain antar dua kesebelasan dan ini sebenarnya cara merusak sistem pasar dan Industri sepak bola Eropa bahkan dunia. Kasus Daniel Alves sampai yang buat heboh pelaku industri si kulit bundar, lalu 222 juta euro hanya untuk seorang Neymar Jr saat perpindahan dari Camp Nou ke Parc De Prince. Kedua pemain tersebut adalah percobaan pertama yang dilakukan oleh korporasi Qatar.

Menariknya, saat suasana dan permainan kartel korporasi Qatar sepi dari dari pemberitaan semenjak saga transfer Neymar Jr, muncul gosip permainan spekulan ke permukaan industri sepak bola Eropa. Wacana dan spekulasi kecurigaan terhadap keterlibatan Platini dalam kasus penyogokan pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 dihembuskan terlebih dahulu baru kemudian permainan untuk mencapai transfer perusak pasar lainnya dimainkan kembali.

Artikel ini saya tulis dua jam setelah pengumuman pihak berwenang di Paris yang membebaskan Platini dari tuduhan sogokan tadi serta adanya kesepakatan terbaru dari Barcelona dengan PSG menukar dan mengembalikan Neymar Jr ke Camp Nou beserta tambahan tiga pemain lainnya dari skuad El Barca, yaitu Samuel Umtiti, Ivan Rakitic dan Ousmane Dembele.

Selain tiga barter di atas disinyalir ada transaksi sebesar 90 juta euro yang dipersiapkan oleh Barca buat PSG.

Umpan Griezmann

Kelakuan kartel adalah manipulatif, permainan dimulai dengan pengumuman seorang bintang Perancis lagi-lagi dimunculkan. Kali ini masih pemain aktif dan juga salah satu pesohor utama dalam lapangan hijau, ialah Antoine Griezmann yang merupakan tumpuan Les Blues Perancis saat menggondol piala dunia 2018 Russia dan juga bomber maut dengan bayaran tertinggi di Atletico Madrid, mengumumkan untuk tidak melanjutkan kontrak dengan Atletico dan akan bebas transfer di akhir musim 2019/2020. Ke manakah Griezmann menentukan pilihannya nanti? Sejauh ini Barcelona tidak bisa dikaitkan atas keputusan Griezmann itu, namun sang pemain sendiri masih belum berspekulasi lebih jauh ke mana akan berlabuh.

Sudah hampir satu bulan dari pengumuman perpisahannya dengan Atletico, Griezmann malah santai santai saja, meski klub yang akan merekrutnya nanti harus rela merogoh kocek 120 juta euro yang merupakan nilai klausul kontrak (buyoutclause)-nya bersama Atletico.

Menyimak perbincangan dari pemberitaan penangkapan dan penahanan Platini menyeruakkan ambisi dan permainan kartel korporasi Qatar kembali.

Gonjang ganjing Platini ramai di media saja sudah menaikan persepsi Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, apalagi isu Griezmann dipelintir untuk membuat nama Barcelona dan PSG semakin nyaring.

Terakhir, ada kabar dari Lionel Messi bahwa dia lebih setuju membawa pulang Neymar ketimbang mendaratkan Griezmann ke Camp Nou, dari alasan kurang cocok sampai takut tersaingi, tapi itulah ocehannya Messi.

Untuk propaganda Piala Dunia 2022, Bein Sport sebagai sarana utama pemberitaan Qatar dalam kampanye Piala Dunia 2022 dan bisnis kartel sepak bola, telah berhasil melakukan permainan ini.

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *