PDIP Wacanakan Jabatan Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum

epicentrum.id – Isu dipercepatnya Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus menguat menyusul bakal dilaksanakannya rakernas pada Rabu besok19 Juni 2019.

Politisi senior PDIP, Pramono Anung, menuturkan pelaksanaan Kongres yang sedianya diawali dengan forum Rakernas salah satunya akan membahas stuktur kepengurusan pusat dengan format yang baru.

Pramono menyebut, tengah digodok sturktur baru seperti Ketua Harian, di luar ketua umum definitif yang masih menjabat.

“Memang ada wacana apakah nanti ada ketua harian maupun wakil ketua umum, mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam Kongres,” kata Pramono di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 18 Juni 2019.

Eks Sekjen PDIP itu menyampaikan, Rakernas nanti, seluruh pengurus daerah provinsi dan cabang akan menyampaikan usulan sebelum Kongres terlaksana.

Termasuk pembahasan berubahnya, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), jika posisi ketua harian benar-benar disiapkan. “Itu hanya keputusan kecil kalau mau ada ketua harian maupun wakil ketua umum,” kata.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, angkat suara terkait alasan kongres kelima partainya dipercepat menjadi tahun ini.

Menurut dia, dipercepatnya hajatan akbar lima tahunan partai berlogo banteng itu karena ingin menyesuaikan agenda pemerintahan usai Pemilu 2019 berakhir.

“Selain untuk menyesuaikan dengan agenda pemerintahan negara, juga untuk menyusun seluruh agenda strategis partai pasca-Pemilu 2019 dan sebagai langkah pre-emptive bagi tugas ideologis strategis partai ke depan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Juni 2019. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *