Menilik Hubungan Ukuran Alat Vital Pria Dan Nomor Sepatu

ilustrasi (sumber: backcountry.com)

epicentrum.id, JAKARTA – Ada anggapan di kalangan awam bahwa besar kecilnya penis pria bisa dilihat dari ukuran sepatunya. Nomor sepatu besar menandakan penis juga besar. Namun apakah ini fakta atau sekadar mitos belaka? Mari kita simak penjelasan sains.

Dilansir dari IFL Science, Senin, 17 Juni 2019, peneliti telah membandingkan ukuran penis lebih dari 15.000 orang. Mereka menemukan bahwa panjang rata-rata penis yang lembek adalah 3,61 inci dan rata-rata ukuran penis ketika ereksi adalah 5,16 inci.

Lantas, apakah ukuran penis ada kaitannya dengan ukuran sepatu? Jawabannya adalah tidak. Banyak penelitian ilmiah telah mengonfirmasi tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara seberapa besar kaki pria dan panjang penis mereka.

“Ukuran penis tidak berkorelasi dengan atau diprediksi oleh ukuran sepatu atau bagian tubuh lainnya dalam hal ini. Ukuran penis ditentukan oleh kombinasi faktor genetika dan lingkungan,” kata Dr. Jill McDevitt, seorang seksolog di CalExotics.

Selain itu, sebuah studi pada tahun 1993 juga membandingkan tinggi, panjang kaki, dan panjang penis 63 pria Kanada. Meskipun para peneliti menemukan korelasi yang sangat kecil antara kaki yang lebih besar dan penis yang lebih panjang, mereka mencatat bahwa hubungannya sangat lemah sehingga disimpulkan ukuran kaki tidak akan berfungsi sebagai penaksir praktis panjang penis.

Studi lain dari 104 pria yang diterbitkan dalam British Journal of Urology International pada tahun 2002 juga tidak menemukan korelasi yang signifikan secara statistik antara panjang penis dan ukuran sepatu.

“Mencoba memprediksi ukuran penis seseorang berdasarkan pada ukuran kakinya cukup sia-sia. Badan penelitian yang tersedia tidak menunjukkan bukti ilmiah yang dapat secara pasti menghubungkan panjang penis dan ukuran sepatu, namun mitos ‘kaki besar sama dengan penis besar’ masih terus beredar dalam budaya populer,” kata pakar kesehatan Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe.

Pada tahun 1999, sebuah penelitian terhadap 655 pria Korea dilakukan untuk menentukan apakah ada hubungan antara panjang penis dan ukuran bagian tubuh lainnya, termasuk kaki.

Para peneliti mengukur penis lembek yang sedikit diregangkan dan membandingkan panjangnya dengan ukuran dan panjang jari tangan, jari kaki, hidung, telinga, dan mulut pria. Mereka juga mengukur tinggi, berat badan, dan tingkat kebotakan pria. Para peneliti menemukan bahwa meskipun panjang penis sedikit berkorelasi dengan lingkar penis, namun ukuran atau karakteristik tubuh tidak cukup untuk memprediksi ukuran penis.

Penelitian lebih lanjut yang diterbitkan dalam jurnal Human Andrology membandingkan ukuran tubuh 1.000 pria dengan panjang penis mereka. Studi ini juga menemukan hubungan positif antara panjang dan ketebalan penis, tetapi tidak mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara panjang penis dan ukuran bagian tubuh lainnya.

Jadi kesimpulannya, berdasarkan data tersebut, kita tidak dapat menaksir seberapa besar penis pria dengan melihat bagian tubuhnya saja. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *