IAEA: Iran Meningkatkan Pengayaan Uranium

epicentrum.id – Badan Internasional Pemantau Atom dan Energi (IAEA) yang juga watchdog PBB menyebutkan bahwa ada peningkatan aktivitas pengayaan uranium yang dilakukan Iran dalam beberapa waktu belakangan. Dikhawatirkan hal tersebut dilakukan untuk membangun senjata nuklirnya. Walau demikian IAEA belum bisa memastikan hal tersebut dan tak merilis jumlah peningkatan yang dilakukan Iran.

Dikutip dari Aljazeera, Amerika Serikat sebelumnya memberi sanksi lebih berat kepada Iran lantaran AS tak lagi percaya pada kesepakatan yang dilakukan Iran dengan AS dan negara-negara Eropa tentang perjanjian nuklir. Washington malah mengajak negara-negara lain ikut mengetatkan sanksi kepada Iran. Namun hingga saat ini negara-negara Eropa masih memegang kesepakatan perjanjian nuklir tersebut.

Merespons hal itu, Iran sempat mengancam akan melakukan pengayaan uranium lebih gencar. Namun mereka akan berpikir dua kali apabila sejumlah negara Eropa itu masih memegang kesepakatan dan tak cabut seperti AS.

Kepala IAEA Yukiya Amano, yang badan pimpinannya merupakan salah satu pemantau nuklir Iran itu membenarkan bahwa pengayaan uranium sedang dilakukan Iran. Namun dia belum bisa memastikan apakah sudah melewati batas hingga 300 Kg sebagai hulu ledak.

“Ya memang produksinya terlihat meningkat ya,” kata Amano.

Dia juga mengungkapkan kekhawatirannya dengan makin tegangnya hubungan antara Iran dan AS yang bisa memicu lanjutnya aktivitas pengayaan nuklir yang intensif. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *