Yuk! Konsumsi Yogurt Sarat Manfaat

ilustrasi (Image: © jenifoto/Thinkstock)

epicentrum.id, JAKARTA – Apa yang enak, mudah, dan memiliki banyak manfaat kesehatan? Yogurt! Pernahkah Anda memperhatikan bila berkunjung ke supermarket atau minimarket bahwa bagian yogurt dari sebagian besar toko kelontong praktis telah mengambil alih lorong susu?

Semakin sulit untuk menemukan makanan susu yang lebih tradisional, seperti keju cottage dan krim asam, di tengah lautan yogurt. Hal tersebut menunjukkan bahwa permintaan yogurt semakin meningkat di masyarakat kita.

Dan apa saja manfaat kesehatan dari yogurt?

Pertama, jangan lupa bahwa yogurt berasal dari susu. Jadi pemakan yogurt akan mendapatkan dosis protein hewani (sekitar 9 gram per porsi 6 ons), ditambah beberapa nutrisi lain yang ditemukan dalam makanan susu, seperti kalsium, vitamin B-2, vitamin B-12, kalium, dan magnesium.

Tetapi salah satu kata yang sering kita dengar tentang yogurt adalah “probiotik.”

Probiotik adalah “bakteri ramah” yang secara alami ada dalam sistem pencernaan. Strain hidup dari “bakteri baik” ini juga ditemukan di banyak produk yogurt. Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, ada beberapa bukti bahwa beberapa jenis probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat.

Probiotik sempat menjadi bahan perbincangan ketika gugatan class action diajukan terhadap Dannon Co. atas pemasaran untuk produk Activia dan DanActive-nya, di mana perusahaan menggunakan strain probiotik bermerek dagang. Activia adalah yogurt yang dipasarkan sebagai “terbukti secara klinis untuk membantu mengatur sistem pencernaan ketika dimakan setiap hari selama dua minggu,” sementara DanActive adalah minuman yang dipasarkan sebagai “terbukti secara klinis untuk membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh,” menurut situs web perusahaan.

Gugatan, diajukan oleh firma hukum California, menuduh bahwa Dannon terlibat dalam kampanye iklan “menipu besar-besaran” tentang manfaat kesehatan terbukti “secara klinis” dan “ilmiah” produk tidak tersedia di yogurts lain. Tapi Dannon menantang setelan itu. “Manfaat yang dibuktikan secara ilmiah dari produk Dannon dikonfirmasi tidak hanya oleh jurnal ilmiah yang telah meninjau dan menerbitkan temuan, tetapi juga oleh jutaan konsumen yang sangat puas yang menikmati produk Dannon,” kata perusahaan itu dalam rilis berita.

Ada jenis yogurt dengan penampakan lebih kental dibanding yogurt pada umumnya. Greek yogurt, demikian sebutannya. Tinggi protein, kaya serat dan rendah lemak.

Terlepas dari perselisihan ini, manfaat kesehatan dari yogurt sangat mengesankan sehingga banyak orang yang sadar kesehatan menjadikannya kebiasaan sehari-hari. Dan setiap tahun, semakin banyak penelitian yang diterbitkan menambah wawasan tentang manfaat kesehatan dari makan yogurt. (.)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *