Iwan Budianto Gantikan Gusti Randa Sebagai Plt Ketum PSSI

epicentrum.id – Iwan Budianto resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI. Keputusan ini diambil dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) yang berlangsung di FX Sudirman, Jakarta, Kamis 2 Mei 2019.

Dalam keterangan resminya, PSSI mencantumkan pasal 40 ayat 6 statuta PSSI sebagai alasan. Sebab, Plt Ketum sebelumnya, Joko Driyono tidak bisa melanjutkan tugas.

PSSI mengatakan telah melaporkan kondisi yang dialami oleh Joko kepada FIFA, AFC, dan AFF. Dan mereka juga mendapatkan surat dari otoritas tertinggi sepakbola dunia untuk segera melakukan langkah-langkah ke depan.

Salah satunya adalah saran dari FIFA agar PSSI mengisi tiga posisi anggota Exco yang sedang kosong. Diketahui, Johar Lin Eng, Dwi Irianto, dan Hidayat sedang terjerat kasus hukum.

Kekosongan yang harus diisi itu dilakukan hingga Kongres Biasa selanjutnya sesuai dengan pasal 34 ayat 7 statuta PSSI. Dan tentunya tiga orang yang akan duduk dalam jajaran Exco harus memenuhi kriteria yang tercantum dalam statuta.

Kongres Biasa Pemilihan yang akan dilakukan PSSI juga telah diputuskan berlangsung pada Januari 2020. Di sana akan dipilih 15 Exco, dengan rincian Ketum, Waketum sebanyak dua orang, dan 12 anggota.

Dengan keputusan ini pula, kemudian posisi Gusti Randa sebagai Pelaksana Harian (Plh) Ketum seperti yang diumumkan beberapa waktu lalu teranulir. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *