Visi Indonesia Maju 2045, ARB: Harus Manfaatkan Kemajuan Iptek

Aburizal Bakrie dalam acara Malam Rembuk Pengusaha Indonesia pada Selasa (23/4/2019) (epicentrum.id)

epicentrum.id, JAKARTA – Tidak lama lagi, Indonesia akan menyongsong seabad kemerdekaannya pada 2045. Waktu selama 26 tahun bukanlah waktu yang lama. Waktu tersebut cukup untuk membangun manusia Indonesia menjadi sebuah negara maju pada saat itu tiba.

Untuk mencapai tujuan sebagai negara maju tersebut, Indonesia harus menguasai iptek. Dan pengusaha adalah bagian tak terpisahkan dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Demikian hal tersebut terungkap dalam acara Malam Rembuk Pengusaha Indonesia pada Selasa (23/4/2019). Acara yang diadakan oleh Kadin Indonesia ini turut dihadiri oleh para tokoh pengusaha nasional. Hadir diantaranya yaitu Aburizal Bakrie yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia.

ARB mengungkap peran pengusaha yang semakin dibutuhkan untuk mencapai tujuan Indonesia maju di tahun 2045. “Indonesia menjadi negara yang sepenuhnya maju pada tahun 2045, peran kaum pengusaha Indonesia semakin dibutuhkan lagi,” ujarnya.

Pihak yang berhasil menguasai iptek akan keluar sebagai pemenang, lanjut ARB dalam sambutannya di acara tersebut.

“Dan untuk itu semua, kaum pengusaha kita harus mampu memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini adalah keniscayaan sejarah. Siapa yang menguasai ilmu pengetahuan, dialah yang keluar sebagai pemenang dalam persaingan global yang semakin ketat di abad ke-21 ini,” tegasnya.

20 tahun silam, perusahaan-perusahaan terbesar dunia adalah mereka yang muncul dalam revolusi industri sebelumnya, seperti Exxon, GM, GE. Sekarang, posisi perusahaan tersebut telah digantikan oleh Apple, Amazon, Google, dan Facebook. Semua perusahaan ini berdasarkan pada teknologi terbaru, yaitu teknologi digital.

Di masa mendatang, dan bahkan sudah terjadi sekarang, ilmu pengetahuan telah melahirkan sesuatu yang lebih baru lagi, yaitu Artificial Intelligence (AI). Semua negara, semua universitas terbaik, dan semua perusahaan raksasa sedang berlomba mengembangkan serta memanfaatkan teknologi terbaru ini.

Seperti di masa sebelumnya, perkembangan ini akan mengubah kehidupan manusia. Science and technology will always transform humanity. Semua akan berubah, baik dalam cara kita bekerja, berkomunikasi, berbelanja, bahkan mengubah cara kita berpikir.

Itulah tantangan kaum pengusaha Indonesia saat ini dan di masa depan. Kita ingin menciptakan raksasa dunia. China sudah memulainya. Demikian pula banyak negara tetangga kita. Disrupsi sudah terjadi di mana-mana, dan kita tidak boleh terlambat untuk mengantisipasinya. (tim liputan)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *