Penghitungan Suara 30 Persen, Ini Janji Pelawak yang Kalahkan Petahana Ukraina

Volodymyr Zelensky (REUTERS/Valentyn Ogirenko)

epicentrum.id, KIEV – Pelawak Ukraina, Volodymyr Zelensky, diyakini menang telak atas kandidat incumbent (petahana) Petro Poroshenko dalam pilpres putaran kedua di negara tersebut. Zelenksy yang tak berpengalaman dalam politik ini pun berjanji untuk tidak mengecewakan rakyat Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Senin (22/4/2019), kemenangan telak Zelenksy (41) itu didasarkan atas hasil exit poll yang ditayangkan televisi nasional Ukraina, Ukrinform, pada Minggu (21/4) waktu setempat. Exit poll itu menunjukkan 73,2 persen suara diraup Zelensky dan 25,3 persen suara diraup Poroshenko (53) yang menjabat Presiden Ukraina sejak tahun 2014.

Hasil itu merupakan hasil pemungutan suara putaran kedua yang digelar Minggu (21/4) waktu setempat. Dalam putaran pertama pada 31 Maret lalu, Zelenksy juga meraup keunggulan atas Poroshenko dan belasan kandidat capres lainnya. Saat itu, Zelensky meraup 30 persen suara dan Poroshenko hanya meraup 16 persen suara. Tampil di hadapan pendukungnya setelah exit poll dirilis, Zelenksy berjanji bahwa dirinya tidak akan mengecewakan rakyat Ukraina yang telah memilihnya.

“Kita melakukannya bersama-sama,” ucapnya saat berterima kasih kepada istri, orangtua dan tim kampanyenya. “Terima kasih kepada seluruh rakyat Ukraina yang memilih saya, dan kepada rakyat Ukraina yang tidak memilih saya. Saya berjanji saya tidak akan gagal,” tegas Zelensky.

“Saya tidak akan mengecewakan Anda semua. Saya belum menjadi presiden secara resmi. Tapi sebagai seorang warga negara Ukraina, saya bisa mengatakan kepada semua negara pasca-Uni Soviet: Lihat kami. Apapun mungkin terjadi!” imbuhnya.

Petro Poroshenko

Petro Poroshenko Foto: REUTERS/Vasily Fedosenko

Laporan The Guardian dan BBC menyatakan bahwa Poroshenko telah mengakui kekalahan atas Zelenksy pada Minggu (21/4) malam waktu setempat, setelah mengetahui hasil exit poll. Pengakuan kekalahan ini bahkan disampaikan Poroshenko sebelum penghitungan resmi selesai dilakukan oleh otoritas Ukraina.

“Saya meninggalkan jabatan saya, tapi saya ingin memperjelas bahwa saya tidak akan meninggalkan politik,” ucap Poroshenko dalam pernyataannya mengakui kekalahannya untuk bisa menjabat periode kedua.

“Saya akan menerima keinginan rakyat Ukraina,” tegas Poroshenko dalam pernyataan via Twitter.

Hasil exit poll itu dilaporkan sesuai dengan hasil penghitungan real count yang terus berlangsung. Diketahui bahwa hingga Senin (22/4) pukul 02.00 waktu setempat, baru sekitar 30 persen suara yang dihitung. Hasilnya, menurut The Guardian, menunjukkan Zelensky memimpin dengan perolehan 73 persen suara dan Poroshenko ada di posisi kedua dengan 24 persen suara.

Kemenangan Zelensky yang dikenal sebagai aktor dan komedian tanpa pengalaman politik ini menjadi pukulan telak bagi Poroshenko. Kekalahan Poroshenko ini juga sudah diprediksi dalam serangkaian polling yang dirilis dalam beberapa pekan terakhir, yang memperkirakan Zelenksy akan menang mudah atas Poroshenko. (detik)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *