Militer Sudan Melakukan Kudeta Atas Presidennya

epicentrum.id, KHARTOUM – Militer Sudan melakukan kudeta kepada pemerintah dan mendepak Presiden Omar al Bashir dari semua posisi menyusul adanya aksi demonstrasi besar-besaran yang telah terjadi selama beberapa pekan.

Aksi demo menentang pemerintah menuntut pengunduran diri Bashir terakhir kali menyebabkan jatuhnya korban jiwa, sebanyak 11 orang tewas pada hari Selasa (9/4) lalu.

Selain Presiden Omar al Bashir, semua pembantunya termasuk wakil Bashir juga dibebastugaskan dari jabatannya.

Menurut kantor berita Rusia, Sputnik, Kamis (11/4), pihak angkatan bersenjata Sudan telah mengumumkan bahwa Presiden Bashir telah dipecat dari semua jabatan di tengah demonstrasi yang berlangsung.

Pihak militer juga bakal mengumumkan pembentukan dewan militer yang akan mengatur negara Afrika utara itu selama masa transisi yang mungkin berlangsung selama setahun.

Sebelumnya, pada hari yang sama, surat kabar Sudan Tribune melaporkan bahwa Staf Umum Angkatan Bersenjata Sudan menggelar rapat darurat di Khartoum tanpa kehadiran Bashir. Surat kabar itu juga menampilkan kondisi terkini dari ibukota Sudan yang dipenuhi oleh personel militer.

Aksi demonstrasi sendiri sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu. Demonstrasi itu dipicu oleh kenaikan harga barang-barang konsumsi. Masyarakat menuntut agar Presiden Omar al Bashir yang telah memegang tampuk kekuasaan selama 30 tahun terakhir untuk mundur dan membubarkan pemerintahannya. (indonesiainside)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *