WhatsApp Down, Hal Ini Ditengarai Jadi Penyebab

iluustrasi (net)

epicentrum.id, JAKARTA – Layanan aplikasi di bawah bendera Facebook kompak mengalami down alias tumbang. Selain layanan Faebook dan Instagram yang bermasalah, pengguna internet juga mengeluhkan tumbangnya layanan WhatsApp. Beberapa pengguna mengeluhkan tidak mengirim video dan gambar di aplikasi pesan instan terpopuler sejagat tersebut.

Dikutip dari laman DownDetector, Kamis 14 Maret 2019, keluhan layanan WhatsApp sudah muncul sejak tengah malam kemarin dan terus berlanjut sampai Kamis pagi 14 Maret 2019. DownDetector mencatat, puncak keluhan layanan mencapai 968 laporan yang masuk ke DownDetector.

Laman tersebut mengungkapkan, problem paling dikeluhkan pengguna WhatsApp yakni masalah pengiriman dan penerimaan pesan (49 persen), koneksi (37 persen) dan masalah log in (13 persen). WhatsApp sudah menyadari masalah gangguan ini, namun belum memberikan respons resminya melalui akun media sosialnya seperti yang sudah dilakukan oleh Facebook dan Instagram.

Wilayah yang terdampak gangguan layanan WhatsApp merata yakni Amerika Serikat, Meksiko, sejumlah negara di Amerika Selatan dan Eropa, Indonesia, Singapura, Malaysia sampai Australia. Laporan dari akun pembocor informasi soal WhatsApp, WABetaInfo menunjukkan, aplikasi milik Facebook itu sudah mengatasi maslah ini sejak dini hari tadi.

WABetaInfo mengungkapkan, masalah yang dilanda pengguna yakni pengiriman gambar, video, GIF, Striker dan update status. Semuanya gagal dan kalaupun bisa berjalan lemot. “Masalah ini tidak berdampak pada semua pengguna tapi sejumlah besar persentase pengguna. Problem ini tergantung server Facebook,” tulis WABetaInfo.

Menurut catatan WABetaInfo, ada dua server Facebook yang melambat namun tidak disebutkan server di negara mana yang lemot tersebut. Rata-rata latensi akibat gangguan ini yakni 0,4291 detik. Lokasi server terdekat dengan Indonesia, yakni server Facebook di Singapura, dalam pantauan WABetaInfo dalam keadaan online normal dengan status ‘true’ dan latensi 0,585 detik. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *