Saatnya Indonesia Manfaatkan Teknologi Tingkatkan Produksi Pangan

epicentrum.id Guna mewujudkan swasembada pangan, Indonesia sebenarnya perlu mulai memanfaatkan penggunaan teknologi pangan. Mencontoh Singapura, pemerintahnya fokus memanfaatkan beragam teknologi di sektor pertanian.

Industri pangan juga perlu menerapkan penelitian dan pengembangan, memperkuat ketahanan iklim, dan mengatasi kendala sumber daya. Permasalahan-permasalahan itu dapat diselesaikan dengan bantuan teknologi. Lalu, bagaimana pemanfaatan teknologi pertanian di Indonesia?

Sayangnya, penggunaan teknologi pertanian di Tanah Air pun tak serupa dengan Singapura. Hal yang wajar, mengingat permasalahan yang dihadapinya pun berbeda. Indonesia masih berkutat pada masalah modal, distribusi serta pemasaran. Belum sampai ke level implementasi teknologi untuk meningkatkan produktivitas pangan. Belum.

Lihat negara lainnya di Asia, contohnya China. Di negara ini, pemanfaatan teknologi pascapanen, seperti menyortir hasil produksi menggunakan mesin secara otomatis, sudah banyak digunakan. Hal tersebut belum juga digunakan di Indonesia. Banyak sekali perihal sektor pertanian yang harus dikejar oleh negara ini agar tidak semakin ketinggalan. Tugas berat pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian mendongkrak hal ini. (epicentrumnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *