Tingkatkan Jumlah KPM, Kemensos Komitmen Kurangi Keluarga Miskin

epicentrum.id, JAKARTA – Tahun 2019 ini, Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan penambahan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada program Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT). Targetnya, yaitu mencapai total jumlah KPM menjadi 15,6 juta keluarga. Bila dibandingkan tahun 2018, jumlah tersebut mengalami peningkatan.  Tahun lalu, Kemensos hanya memberikan bantuan kepada 10,3 juta keluarga.

Peningkatan jumlah penerima bantuan ini, menurut Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, adalah salah satu jalan untuk mengentaskan keluarga pra-sejahtera menjadi tercukupi. Kepuasan penerima manfaat pada 2018 sangat besar. Berdasarkan catatan Kemensos,  sekitar 94 persen keluarga mengatakan puas dengan adanya program BPNT pada tahun 2018.

Tingkat kepuasan yang tinggi tersebut mendorong Kemensos untuk berbuat lebih baik. Dengan demikian, dapat lebih banyak mengentaskan kemiskinan keluarga kurang mampu di tanah air.

Jumlah anggaran untuk BPNT di tahun 2019 tidak mengalami peningkatan, yaitu sebesar Rp 2,1 triliun. Walau jumlah penerima BPNT meningkat, hal tersebut masih bisa tertutupi dari anggaran yang ada.

Pelaksanaan program BPNT tahun 2019 merupakan tantangan nyata yang harus dihadapi kedepannya. Tantangan tersebut yaitu semakin menyebarnya jumlah KPM di 295 kabupaten dan kota. Kemensos mencatat perluasan area ini akan lebih banyak terjadi di kabupaten dan kota-kota terpencil.

Walaupun demikian, Kemensos akan lebih selektif memilih daerah prioritas untuk diperluas jangkauannya. Sebagaimana diketahui, jumlah nominal yang akan diterima setiap KPM adalah sebesar Rp 110 ribu per bulan. Untuk mencegah pemotongan atau pungli, dana tersebut akan ditransfer secara langsung ke nomor rekening yang sudah terdaftar di sistem Kemensos. Selain dana tunai, KPM juga akan menerima bantuan pangan berupa beras, telur ataupun gabungan keduanya. (epicentrumnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *