Sambut Hari Pers Nasional 2019, Jurnalis Anambas Gelar Aksi Tutup Mulut

epicentrum.id

Sejumlah wartawan di Anambas yang menggelar aksi tutup mulut menggunakan lakban di depan Tugu Buak Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan Jumat (8/2/2019). (Tribun/Septyan Mulia Rohman)

epicentrum.id, ANAMBAS – Sekumpulan wartawan/jurnalis berkumpul di depan Tugu Buak di jalan Hang Tuah Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Jum’at (7/2/2019) pagi. Beberapa dari mereka bahkan ada yang datang sejak pukul enam pagi. Mayoritas mereka berpakaian warna putih. Tak ada kalimat yang keluar dari mulut mereka.

Mereka hanya membentangkan sejumlah karton aneka warna yang bertuliskan harapan mereka di depan tugu yang berlatar belakang baleho Hari Pers Nasional (HPN) sembari menutup lisan mereka menggunakan lakban.

Mereka yang sedang turun aksi ini bukan mahasiswa yang biasa menuntut keadilan. Mereka merupakan jurnalis di Anambas yang kesehariannya berburu berita. Selama satu jam kedepan, mereka menjadi objek berita.

Koordinator aksi damai HPN Fitra Hadi mengatakan, aksi yang dilakukan merupakan seruan agar tidak ada kriminalisasi terhadap pers.

Pria yang memimpin portal berita ini menambahkan, aksi ini dilakukan sebagai solidaritas para kuli tinta di seluruh Indonesia.

“Kami mengimbau kepada rekan-rekan untuk terus bekerja secara profesional sehingga informasi yang disampaikan kepada publik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, aksi yang dilakukan ini diharapkan menjadi energi positif bagi pekerja pers yang bertugas di Anambas, salahsatu kabupaten terdepan di Indonesia.

Tantangan dalam bertugas, mulai dari jauh dari keluarga menjadi hal yang menjadi pertimbangan dalam menjalankan kewajiban.

“Dinamika saat bertugas, menjadi tantangan tersendiri apalagi di kabupaten terdepan seperti Anambas ini. Semoga melalui aksi ini menjadi energi untuk terus menjaga solidritas. Aksi ini sekaligus refleksi bagaimana beratnya perjuangan pers Anambas dalam mendorong pembangunan. ‎Pers hadir di segala tingkat sosial masyarakat sebagai corong informasi, yang mampu memberikan aura positif bagi pembangunan negeri,” ungkapnya.

Indra Gunawan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan HPN, mengatakan, aksi damai dengan menutup mulut dengan lakban merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan HPN ke 73 di Anambas.

“Ini merupakan kegiatan pembuka, pada hari Sabtu (9/2) kita akan melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS),”jelasnya.

Ia menyampaikan, akan ada sejumlah kegiatan yang akan digelar selain dua kegiatan diatas antara lain yakni, Bakti Sosial, Lomba mewarnai tingkat TK dan Lomba Foto.

“Banyak kegiatan yang kita akan lakukan, sebagai wujud dari eksistensi hadirnya wartawan dalam mendukung majunya pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas,” katanya. (tribun)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *