Hari Pers Nasional, Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya Ajak Milenial Tanam Pohon di Kawasan Galunggung

hari pers nasional

Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya (PJT) ajak ratusan milenial Tasikmalaya menanam pohon kopi dan kemiri di Kawasan Gunung Galunggung, Kamis (7/2/2019) siang. (Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah)

epicentrum.id, TASIKMALAYA РMemperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya (PJT) ajak ratusan milenial Tasikmalaya menanam pohon kopi dan kemiri di kawasan Gunung Galunggung, Kamis (7/2/2019) siang.

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar nampak terlihat antusias mengikuti kegiatan peringatan hari besar pewarta Indonesia yang seyogyanya diperingati setiap 9 Februari.

Selain penanaman pohon, kegiatan juga diisi dengan diskusi literasi media bertema ‘antisipasi informasi bohong atau hoaks dan ujaran kebencian’ yang dipandu oleh pewarta Bambang Arifianto.

Sebelum penanaman dilakukan, para kaum milenial juga dibekali edukasi pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang diberikan pihak Perhutani Kawasan Gunung Galunggung.

Koordinator kegiatan, Hendra Herdiana mengatakan, untuk peringatan HPN tahun ini lebih berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya lebih pada kegiatan jurnalis mengajar ke anak-anak sekolah. Kalau tahun ini kami mengajak mahasiswa dan pelajar untuk sama-sama peduli terhadap kelestarian lingkungan, karena akhir-akhir ini kami lihat kerusakan lingkungan cukup marak, terus bencana alam akibat kerusakan lingkungan juga sering terjadi,” ujar pria yang akrab disapa Ayah Dilan tersebut di lokasi.

Ajakan peduli lingkungan pada kalangan muda atau milenial ini, menurutnya sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran sebagai penerus generasi ke depan.

Di kawasan Galunggung yang seluruhnya memiliki luas sekitar 40 hektare tersebut, pada kegiatan ini, PJT dan kaum milenial Tasikmalaya menanam sebanyak 200 bibit yang terdiri dari bibit kopi dan kemiri.

“Pemilihan kedua bibit tersebut, karena termasuk tumbuhan produktif dan nantinya bisa bernilai ekonomi sehingga bisa dimanfaatkan ke depannya oleh masyarakat sekitar,” ujarnya.

Peserta tanam pohon bersama PJT berharap dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh nyata upaya menjaga warisan generasi ke depannya.

Selain itu, beberapa kaum milenial Tasikmalaya ini berharap ke depannya insan pers bisa lebih baik dalam menjalankan tugasnya.

“Semoga ke depannya insan pers lebih bisa menyajikan pemberitaan yang lebih membangun kesadaran masyarakat satu di antaranya dalam kelestarian lingkungan,” ujar Nisa Sania, mahasiswi Poltekes Kementerian Kesehatan Tasikmalaya satu di antara peserta. (tribunnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *