Wapres JK Pimpin 3 Gubernur Solusikan Transportasi Jabodetabek

epicentrum.id, JAKARTA – Tiga Gubernur yang membawahi wilayah Jabodetabek, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Gubernur Banten Wahidin Halim telah sepakat berkoordinasi mengenai kerumitan transportasi di wilayah ini.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyinggung rumitnya pengelolaan transportasi di wilayah Jabodetabek. Tiga Gubernur itu lalu diundang untuk membahas bersama dalam rapat kabinet terbatas, Selasa 8 Januari 2019.

“Tadi disepakati tiga Gubernur kemudian nanti dikomunikasikan oleh kami, Kemendagri, bagaimana satu manajemen, satu pengorganisasian,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jakarta, Selasa 8 Januari 2019.

Persoalan ini sebenarnya sudah masalah lama. Bahkan diakui Tjahjo, banyak aturan yang dibuat namun tidak pernah dilaksanakan. Maka kemungkinan untuk membentuk badan baru menurutnya sangat kecil dilakukan.

“Arahan bapak Presiden karena tadi banyak instansi dan banyak badan makanya menimbulkan manajemennya enggak bagus karena bagaimana mempersingkat manajemen mempersingkat organisasinya,” kata Tjahjo.

Tjahjo mencontohkan soal jembatan Suramadu. Untuk mengurus itu, bahkan ada empat badan yang mengurusi dan ujung-ujungnya, urusan birokrasi menjadi lebih rumit.

Hanya jelas Tjahjo, untuk mengurusi sistem transportasi ini diberi kewenangan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengkoordinasikannya.

“Yang penting masing-masing pemda diberikan otoritas. Soal bentuk organisasinya bagaimana nanti akan diputuskan dalam rapat bersama Wapres,” kata Tjahjo. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *