Jelang Pencoblosan, Tiga Isu Ini Jadi Gorengan di Pemilu 2019

Pemilu 2019

ilustrasi (merdeka)

epicentrum.id Pemilu 2019 di depan mata. Jelang pesta demokrasi serentak yang akan mencapai puncaknya pada 17 April 2019, setidaknya ada tiga isu terhangat yang jadi bahan perdebatan dan publikasi di ruang publik. Ketiga isu ini menjadi penting karena mencerminkan kondisi terkini masyarakat.

Pertama, yaitu isu terkait ekonomi. Bahan ini menjadi perhatian utama oposisi yang tidak henti-hentinya menyuarakan kegagalan pemerintahan Jokowi di bidang ekonomi. Sementara dari sisi petahana, tim suksesnya sibuk mempromosikan berbagai pencapaian pemerintah. Hal yang menjadi andalan pemerintah yaitu pembangunan infrastruktur. Ekonomi masyarakat sendiri yang masih jauh dari kondisi ideal mendorong kondisi yang rawan terkait hal ini. Menjelang hari pencoblosan, dikhawatirkan akan marak politik uang.

Kedua, yaitu isu hoaks. Isu ini tidak akan berhenti, bahkan makin menggila pada 100 hari terakhir jelang pencoblosan. Masalahnya, hoaks ini menimbulkan rasa saling curiga dan prasangka di masyarakat. Imbasnya,  hoaks dapat memicu konflik sosial yang berkepanjangan.

Ketiga, isu identitas, atau isu SARA. Hal ini sudah terbukti efektif pada Pilkada DKI 2017 lalu. Walau kemudian tidak terlalu terasa ketika Pilkada serentak 2018 lalu, isu ini akan selalu mengintai. Kesenjangan dalam ekonomi serta kesempatan yang dirasakan tidak sama membuat isu SARA tidak akan pernah mati.

Ketiga isu ini harus dapat penanganan sebaik mungkin oleh pihak aparat dan pemerintah, serta para wasit Pemilu 2019. Isu hoaks dan SARA sangat mudah menyebar melalui media sosial. Sementara terkait dengan isu ekonomi, akan dihubungkan dengan masalah Tenaga Kerja Asing (TKA). Latar belakangnya adalah, di kala kondisi ekonomi sulit, tapi TKA malah menjamur. Hal ini menjadi sumber kecemburuan sosial, sehingga mudah memantik emosi di masyarakat. (epicentrumnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *