Wow! Kecombrang Berkhasiat Cegah Kanker, Begini Penjelasan Dokter

Tanaman kecombrang miliki banyak khasiat. [foto: halo sehat]

epicentrum.id, JAKARTA – Kecombrang atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan berbatang lunak. Bunga, buah, serta biji kecombrang kerap dimanfaatkan sebagai bahan masakan. baik untuk sayur hingga sambal.

Namun ternyata, di samping bentuknya yang indah, aromanya yang eksotis dan rasanya yang unik, tanaman herbal ini juga tak kalah menggoda dari segi kesehatan. Kecombrang memiliki sifat antikanker dan antibakteri akibat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

“Zat berwarna merah di dalam bunga kecombrang, memiliki antioksidan yang tinggi yang mampu cegah radikal bebas penyebab kanker. Tapi sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena kandungan antioksidan akan menurun drastis saat terkena panas,” ujar spesialis gizi klinis, Dr.dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, Rabu (2/1/2019).

Bahkan, kecombrang sendiri memiliki sifat seperti sabun yang bisa membasmi bakteri di tubuh. Tak hanya itu, kandungan antiseptik tersebut bisa menyembuhkan luka robek.

“Penyakit kulit akibat bakteri atau luka robek, bisa disembuhkan dengan kecombrang karena sifatnya membasmi bakteri. Sifat antiseptiknya juga bisa membuat kecombrang jadi pengawet untuk bahan makanan lain,” kata dia.

Dengan memotong kecombrang mentah dalam bentuk kecil, lalu diolesi di tubuh, ternyata ampuh mencegah bau badan. Selain itu, kecombrang juga bisa mengusir nyamuk demam berdarah yang berbahaya jika terkena manusia.

“Potong kecil-kecil kecombrang mentah, lalu simpan di rendaman air, letakkan di tempat yang sekiranya banyak larva nyamuk, maka ia bisa mengusir nyamuk tersebut,” tutupnya. [viva]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *