Pria Ini Mundur Nyaleg, Ternyata…

Anggota parlemen Australia, Andrew Broad mundur dari pencalonan legislatif mendatang. Pasalnya, ia mundur setelah kabar kencan dengan perempuan yanng lebih muda darinya tersebar di dunia maya. [foto: abc.net.au]

epicentrum.id, AUSTRALIA – Anggota parlemen Australia Andrew Broad menyatakan tidak lagi akan menjadi caleg dalam Pemilu mendatang menyusul sorotan media atas dugaan kencan yang dia lakukan dengan seorang wanita muda di Hong Kong.

Broad telah mengundurkan diri dari jabatan sebagai menteri muda yang diperbantukan pada Wakil Perdana Menteri pada hari Senin (17/12/2018).

“Hari ini saya telah menyampaikan ke ketua Partai Nasional Cabang Victoria, bahwa saya menarik pencalonan saya untuk mengikuti dapil Mallee pada pemilu federal mendatang,” katanya.

“Setelah pemberitaan di media tentang kehidupan pribadi saya, jelas bahwa penduduk Mallee lebih baik diwakili di parlemen oleh caleg Partai Nasional berbeda,” tambah Broad.

Dapil Mallee di negara bagian Victoria merupakan dapil paling aman bagi Partai Nasional dengan selisih 20 persen lebih dibandingkan parpol lainnya. Broad menjadi sorotan media di Australia karena pengakuan seorang wanita bernama Amy yang berumur hampir 20 tahun lebih muda.

Amy mengaku kencan makan malam dengan Broad (43 tahun) di salah satu restoran di Hong Kong. Majalah New Idea yang pertama kali membongkar kasus ini menyebut Broad menggunakan website untuk mencari teman kencan.

Broad menyatakan wanita yang melontarkan tuduhan tersebut kemungkinan terlibat dalam tindak kriminalitas. Kepolisian Federal Australia (AFP) kemarin menyatakan tidak menemukan adanya pelanggaran hukum dalam kasus ini.

Isu Perempuan

Broad masih akan duduk sebagai anggota DPR hingga digelarnya pemilu pada 2019. “Saya pikir dia perlu menentukan apakah ini sepenuhnya masa depannya,” kata McCormack kepada wartawan.

“Saya rasa perhatiannya saat ini adalah bagaimana menyelesaikan permasalahan pribadinya,” katanya.

Dia menambahkan bahwa caleg-caleg Partai Nasional selayaknya merupakan orang-orang bisa fokus sepenuhnya melayani para pemilih.

Wartawan menanyai McCormck apakah kasus Broad ini bisa jadi bukti tambahan bahwa kubu partai koalisi Liberal dan Nasional yang kini memerintah di Australia memang memiliki isu dalam perlakuan terhadap perempuan.

Dia membantah hal itu dengan menunjuk bahwa dari dua wakil rakyat Partai Nasional, keduanya ditunjuk sebagai menteri.

Partai Nasional memiliki 22 anggota DPR dan senator di parlemen Australia. “Kedua wanita di partai saya, Bridget McKenzie, deputi saya, dan Michelle Landry, adalah menteri,” katanya.

Board Kembalikan Biaya Pesawat

Sementara itu, Broad kabarnya akan mengembalikan biaya pesawat yang dia gunakan untuk penerbangan dari Kota Mildura ke Melbourne.

Broad menghadiri konferensi di Hong Kong dalam kapasitas pribadi pada bulan September. Catatan perjalanan parlementer menunjukkan Broad memasukkan biaya penerbangan antara Mildura dan Melbourne sebelum dan sesudah konferensi di Hong Kong.

ABC mendapatkan informasi bahwa Broad akan mengembalikan biaya penerbangan domestik sekitar 480 dolar. ABC telah menghubungi Broad untuk dimintai komentar namun belum mendapat tanggapan. [viva/ABC]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *