Soal Juara Kontes Kecantikan, Filipina Ungguli Venezuela Dan Puerto Rico di Miss Universe

Miss Philippines Catriona Gray is crowned Miss Universe during the final round of the Miss Universe pageant in Bangkok, Thailand, December 17, 2018. (Photo/ABS-CBN News)

Epicentrum.id, Bangkok –¬†Kemenangan Catriona Gray membuat Filipina mencetak sejarah di Miss Universe 2018. Sejak digelar pada 1952, Filipina terhitung jadi negara kedua paling banyak mencetak jawara kontes kecantikan terbesar dunia itu, mengalahkan Venezuela.

Seperti diketahui, kontestan Venezuela selalu difavoritkan menjadi juara di Miss Universe. Tak sedikit perwakilannya yang berhasil masuk dalam jajaran Top 5 maupun Top 3. Tapi soal kemenangan, Filipina ternyata lebih unggul dari Venezuela.

Sejauh ini, Filipina sudah empat kali menjuarai Miss Universe. Peringkat pertama negara terbanyak menjuarai Miss Universe adalah Amerika Serikat, tercatat sudah lima kali menang. Negara adidaya tersebut menjuarai Miss Universe di 1956, 1967, 1980, 1997 dan 2012. Sementara Venezuela, ada tiga wakilnya yang telah berhasil membawa mahkota kemenangan.

Gloria Diaz menjadi kontestan asal Filipina pertama yang memboyong titel Miss Universe ke negaranya, yakni pada 1969. Kala itu ajang tersebut dihelat di Miami Beach, Florida.

Empat tahun kemudian, titel Miss Universe kembali jatuh ke Miss Philippines. Adalah Margarita Moran yang berhasil meneruskan mata rantai kemenangan Filipina, dengan menjuarai Miss Universe 1973.

Selang 42 tahun kemudian, Miss Philippines kembali mencetak prestasi. Mahkota kembali disematkan pada kontestan asal Filipina Pia Wurtzbach sebagai Miss Universe 2015.

Kemenangan Pia Wurtzbach sempat mengundang kontroversi. Pemegang kendali acara, presenter ternama Steve Harvey salah menyebutkan nama pemenang. Kala itu ia mengumumkan bahwa pemenang Miss Universe 2015 adalah Miss Colombia Ariadna Gutierrez, lalu segera meralatnya setelah mahkota diletakkan di kepalanya.

Selain Filipina dan Venezuela, ‘langganan’ juara lainnya adalah Puerto Rico, dengan tiga kali kemenangan di Miss Universe pada 1993, 2001 dan 2006.

 

sumber: WPop

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *