Polda Riau Amankan Pelaku Perusak Bendera Caleg

Baliho Partai Demokrat dirusak. [foto: merdeka]

epicentrum.id, RIAU – Perusakan baliho calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, Effendi Sianipar sudah ditangkap pihak kepolisian setempat. Penangkapan ini dilakukan bersamaan dengan penangkapan pelaku perusak bendera Partai Demokrat.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Sunarto mengatakan, sebanyak dua orang tersangka ditangkap dalam kasus perusakan baliho caleg DPR tersebut. Keduanya atas nama Dyahril Kasdi (29) dan Muhamad Alwi (23).

“Kejadian perusakan terjadi pada Sabtu 15 Desember, pukul 10.15 WIB di Jalan Singgalang 5, dekat pesantren ikhwan, Tenayan Raya, Pekanbaru,” kata Sunarto ketika dikonfirmasi, Senin (17/12).

Sunarto menjelaskan, kejadian ini berawal dari laporan warga tentang adanya orang yang merusak baliho. Saksi bernama Moh Faisal Rahim, yang merupakan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panswaslu) setempat berangkat bersama warga ke lokasi kejadian dan pelaku telah diamankan oleh warga ke Polsek.

“Motifnya tergiur upah, tetapi masih dalam penyelidikan siapa yang menyuruh para tersangka,” ujar Sunarto.

Dari penangkapan ini, polisi mengamankan barang bukti satu buah palu, satu buah baliho dalam keadaan rusak dan tiga batang kayu olahan.

Ia menambahkan, Polda Riau berkomitmen untuk menangani kasus tersebut secara profesional, serta atensi untuk segera menuntaskan dan melimpahkan perkaranya ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Berkaitan dengan peristiwa perusakan Alat Peraga Kampanye (APK), masyarakat diimbau agar tidak mudah terprovokasi terhadap berita-berita yang belum diyakini kebenarannya. Kepada para pelaku dijerat Pasal 170 Jo Pasal 406 KUHP tentang Pengerusakan secara bersama-sama dengan ancaman hukuman maksimal kurungan lima tahun penjara. [viva]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *