Hendak Mesum, Mahasiswa di Bali Nekat Nyolong Sepeda TNI

Ismail Yikwa, Mahasiswa asal Papua yang terjerat kasus pencurian saat ditemui di Mapolsek Kota Singaraja. [foto: Bali Ekspress]

epicentrum.id, BALI – Belum tuntas kasus pencurian dua HP di Wilayah Hukum (wilkum) Kepolisian Sektor (Polsek) Sawan, kini Ismail Yikwa (20) mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Singaraja ini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya atas tindakan pencurian satu unit sepeda merk Polygon di wilayah Kelurahan Penarukan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Yikwa terbukti mencuri sepeda gayung milik korban bernama Ketut Kamiyasa (55) yang saat ini bertugas di Kodim 1609/Buleleng ini diduga terjadi pada Rabu (31/1) malam. Sekitar pukul 17.00 WITA, korban Kamiyasa menyimpan sepeda miliknya di teras depan rumah. Kala itu korban sedang berada di dalam rumah.

Namun, pada Kamis (1/11) sekitar pukul 10.00 WITA, Kamiyasa baru menyadari kalau sepeda gayung miliknya yang diparkir tepat di teras rumah sudah raib. Atas kejadian tersebut, korban langsung menghubungi Mapolsek Kota Singaraja untuk melaporkan kejadian ini. Setelah menerima laporan, polisi pun langsung melakukan penyelidikan.

Kapolsek Kota Singaraja, Komisaris Polisi (Kompol) AA Wiranata Kusuma mengaku tidak memerlukan waktu lama mengungkap pelaku pencurian sepeda tersebut. Berawal dari informasi, bahwa Polsek Sawan mengamankan seorang pelaku dengan membawa sepeda polygon atas kasus pencurian, anggota Polsek Kota Singaraja langsung menuju ke Polsek Sawan untuk melakukan pengecekan.

“Dari laporan korban, anggota kami langsung menyebar mencari informasi atas hilangnya sepeda korban. Kami memperoleh informasi, bahwa Polsek Sawan mengamankan pelaku dengan membawa sepeda polygon. Setelah kami cek, ternyata benar sepeda tang diamankan Polsek Sawan adalah milik korban Kamiyasa,” kata Kapolsek Wiranata, Rabu (14/11) siang.

Dari informasi, aksi pencurian sepeda itu dilakukan pelaku, dalam kondisi mabuk. Saat itu pelaku yang tinggal di sebuah mess di Desa Jinengdalem sempat minum-minum bersama rekan-rekannya di wilayah Penarukan. Usai minum, pelaku hendak mencari wanita penghibur di salah satu desa di Buleleng.

Merasa tidak punya kendaraan, Yikwa sempat meminta bantuan rekan-rekannya. Namun, rekan-rekannya enggan mengantar Yikwa. Yikwa pun berjalan seorang diri untuk menuju ke desa tersebut.

Hingga kemudian, pelaku menemukan sepeda Polygon milik korban yang terparkir di teras rumah. Tanpa banyak pikir, pelaku langsung masuk rumah dan mengambil sepeda tersebut. “Alasan pelaku katanya mau dipakai, karena tidak punya kendaraan. Itu alasan tidak masuk akal. Untung saja kami duluan tangkap, kalau tidak, mungkin sudah dijual,” jelas Kapolsek Wiranata.

Berhasil mendapat sepeda curian, pelaku langsung menuju ke salah satu desa tempat wanita penghibur berada. Sampai disana, ternyata pelaku kembali malah melancarkan aksinya. Yikwa berhasil mencuri 2 unit handphone di rumah Gede Rai, 47 di kawasan Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan. Meski sempat dipergoki pemilik rumah, namun malam itu pelaku berhasil kabur dengan meninggalkan sepeda hasil curian dan sepasang sandal. [baliekspress]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *