Jelang Rilis RDG, BI Optimis Rupiah Kembali Menguat

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo (Photo: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

epicentrum.id, JAKARTA –┬áBerdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor, Rupiah berada di level Rp14.895 per dolar AS pada penutupan perdagangan Selasa 13 November 2018, melemah 148 poin atau 1 persen dari posisi Rp14.747 pada perdagangan Senin 12 November 2018.

Meski demikian, pengamat Pasar Modal dari Asosiasi Analis Efek Indonesia atau AAEI, Reza Priyambada mengatakan, pergerakan Rupiah akan kembali mengalami kenaikan, jelang akan dirilisnya Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di pekan ini.

Adanya penilaian terkait dengan efektifnya transaksi domestic non deliverable forward (DNDF) untuk membantu Rupiah bertahan dari gejolak global, membuat Rupiah kembali bersemangat. Lelang perdana DNDF pada pekan ini diikuti sembilan bank dan meraih dana US$73 juta dari lelang sebesar US$149 juta.

“Pada Selasa (13/11), BI kembali menggelar lelang DNDF dengan target dana sebesar US$100 juta. Di sisi lain, upaya Pemerintah untuk terus menggiatkan investasi ke dalam negeri setelah adanya penurunan nilai investasi, turut direspon positif,” kata Reza dalam pesan tertulisnya, Rabu 14 November 2018.

Sebelumnya, BKPM merilis realisasi investasi Q3-18 turun 1,58 persen (yoy). Penanaman modal asing (PMA) turun hingga 20 persen (yoy), dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) masih tumbuh sekitar 30 persen.

“Prediksinya, diperkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.815-14.785. Mulai meningkatnya laju EUR yang memanfaatkan turunnya US$ seiring dengan aksi ambil untung pada posisi US$, diharapkan dapat membantu Rupiah untuk kembali melanjutkan kenaikannya,” kata Reza.

Di sisi lain, diharapkan sentimen dari dalam negeri dapat lebih positif, sehingga dapat membantu Rupiah bertahan untuk kembali melanjutkan kenaikannya. “Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujarnya. (viva)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *