PT Pindad Ingin Ekspor Harimau

Tank medium Harimau (reddit)

epicentrum.id, JAKARTA – PT Pindad akan mengejar pasar ekspor untuk produk terbarunya, yaitu tank medium bernama Harimau (Kaplan dalam bahasa Turki) Modern Medium Weight Tank (MMWT).

Juru bicara PT Pindad menyatakan bahwa Bangladesh, Filipina, dan Brunei sudah tertarik membeli kendaraan tempur berberat 35 ton ini. Delegasi dari tiga negara tersebut akan menyaksikan demonstrasi produk lengkap tank harimau secara terpisah sebelum akhir November nanti.

Harimau adalah hasil kerjasama PT Pindad dan FNSS Savunma Sistemleri asal Turki – anak usaha yang dimiliki bersama oleh Nurol holding dari Turki dan BAE Systems dari Inggris – yang sudah direncanakan dari tahun 2014.

Juru bicara PT Pindad mengungkapkan bahwa banyak negara memerlukan tank yang lebih ringan dari tank tempur utama (Main Battle Tank – MBT) yang konon lebih sulit dikerahkan dan dipindahtugaskan.

PT Pindad menyebutkan bahwa Harimau sudah diuji secara utah dan sedang dalam proses sertifikasi yang selesai akhir tahun ini. Sementara untuk produksi massal Harimau akan dimulai paling cepat 2020. Pemerintah Indonesia sendiri belum memasukkan Harimau ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Menurut juru bicara PT Pindad, TNI AD akan membutuhkan 400 Harimau untuk menggantikan 300-an tank AMX-13 buatan Prancis yang sudah lama dimiliki TNI-AD. Adapun kapasitas produksi Harimau PT Pindad adalah 50 buah per tahun.

PT Pindad juga mengatakan bahwa produksi Harimau melibatkan lebih dari seratus perusahaan lokal yang bergerak di industri pertahanan, selain menjadi tanda bahwa Indonesia tidak lagi bergantung pada luar negeri untuk memproduksi tank. (jane’s)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *