Akhirnya! PBB Ungkap Lapisan Ozon Mulai Pulih

Penggunaan masker merupakan dampak kerusakan lapisan ozon.

epicentrum.id, New York – Berdasarkan laporan teranyar Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengatakan, lapisan ozon Bumi yang memberi perlindungan mulai pulih.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (7/11/2018), Ozon melindungi Bumi dari sinar ultra-violet matahari yang menyebabkan kanker kulit dan merusak panen.

Ilmuwan pertama kali melihat sebuah lubang besar di lapisan ozon pada tahun 70-an, dan diakibatkan oleh bahan kimia buatan manusia dari kaleng semprot dan produk-produk lain yang disebuat chlorofluorocarbons. Pada 1987 Protokol Montreal melarang penggunaannya di seluruh dunia.

Peneliti yang bertemu di Quito pada Senin (5/11/2018) mengatakan, lapisan ozon di Hemisfer Utara akan pulih total pada tahun 2030-an, dan lubang di atas Antartika akan tertutup pada 2060-an. “Seandainya tidak ada tindakan yang dilakukan, dua pertiga lapisan ozon sudah hilang,” ucap para peneliti tersebut.

Peneliti mengatakan, langkah selanjutnya adalah memerangi pemanasan global dengan memberantas penggunaan bahan-bahan kimia yang dulu menggantikan chlorofluorocarbons, bahan dalam kaleng-kaleng semprot dari tahun 1987 itu. [liputan6]

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *