Rencana Kenaikan Cukai Rokok, Gerindra: Lebih Baik Tidak Makan Daripada Tidak Merokok

(ilsutrasi: bisnis.com)

epicentrum.id, JAKARTA – Kenaikan cukai hasil tembakau dinilai akan memberatkan petani tembakau di tanah air lantaran menyebabkan naiknya harga rokok.

Hal tersebut diutarakan oleh anggota DPR fraksi Partai Gerindra Bambang Haryo dalam rapat paripurna RAPBN 2019 di DPR RI, Rabu (31/10). Menurutnya kenaikan harga rokok akan menyebabkan naiknya harga kebutuhan lain.

“Kalau menaikkan cukai tembakau sama saja mencekik rakyat. Rokok itu sudah seperti kebutuhan pokok, rokok naik berarti Harga kebutuhan yang lain juga bisa naik,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kenaikan cukai tembakau akan dapat memberatkan petani lantaran naiknya harga rokok akan dapat mengurangi permintaan rokok.

“Kenaikan cukai hasil tembakau akan memberatkan petani dan pengusaha rokok,”tambahnya.

Tidak hanya itu, jika harga rokok naik, akan mengganggu sektor industri yang lain dan menyulitkan kebutuhan dasar masyarakat, terutama untuk masyarakat ekonomi menengah.

“Sebaiknya (cukai) tidak naik. Bahkan ada pepatah lebih baik tidak makan daripada tidak merokok. Itu kan sudah jelas artinya seperti apa,”katanya. (gatra)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *