Tegaskan Netralitas, FKPPI Tak Mendukung Pasangan Capres

epicentrum.id, SURABAYA – Pengurus Daerah XIII Forum Komunikasi Putra dan Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (PD FKPPI) Jawa Timur menegaskan tidak terlibat dukungan terhadap salah satu pasangan calon pada Pemilihan Presiden 2019.

“Kami tidak pernah terlibat gerakan dukung-mendukung pasangan calon presiden tertentu,” kata Sekretaris PD VIII FKPPI Jawa Timur Tony Hartono ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (30/10/2018).

Penegasan tersebut disampaikannya untuk menanggapi banyaknya anggapan bahwa PD FKPPI Jatim bersikap di Pemilihan Umum Presiden, 17 April 2019, dengan mendukung salah seorang calon presiden.

“Ini juga meluruskan adanya anggapan beragam usai Titiek Soeharto pada dialog kebangsaan di Surabaya akhir pekan lalu, yang menyinggung bahwa salah satu calon presiden berasal dari unsur TNI maka putra-putri TNI juga harus memberikan dukungan,” ucapnya.

Menurut dia, kegiatan yang diselenggarakan pasca pelantikan pengurus daerah dan pengurus cabang FKPPI se-Jatim itu tidak memiliki agenda dukung-mendukung salah satu calon presiden.

Ia juga mengaku tak mempermasalahkan apa yang disampaikan. Akan tetapi, karena banyaknya pertanyaan yang muncul di luar forum, dinilainya perlu pelurusan.

Sesuai dengan landasan hasil munas dan komitmen bersama, kata dia, FKPPI merupakan “rumah bersama”. Pasalnya, pengurus atau kader FKPPI berada di hampir semua partai peserta Pemilu 2019.

“Jadi, untuk menghindari perpecahan, saya tegaskan bahwa secara lembaga FKPPI tidak memerintahkan kadernya mendukung salah satu capres,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua PD VIII FKPPI Jawa Timur Erick Tahalele mengatakan bahwa kader dan anggota sudah sangat cerdas, bahkan memahami tentang jati diri organisasi sehingga tahu bagaimana cara bersikap.

“Kalau sekarang kami mau diarahkan mendukung pada salah satu capres, saya yakin siapa pun yang melakukan itu juga akan berhadapan dengan pihak yang berbeda pilihan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua PD XIII FKPPI Jatim Agus Ronald Mangunsong mengatakan bahwa organisasinya memiliki anggota yang berasal dari sejumlah partai politik, antara lain, kader PAN, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Perindo, PKB, PPP, dan Partai NasDem.

“Kami tahu Prabowo adalah keluarga besar TNI, dan Jokowi adalah anggota kehormatan FKPPI. Jadi, dalam Pemilihan Umum Presiden 2019, FKPPI tidak berpihak pada salah satu pasangan calon tertentu,” katanya.(terasnews)

KOMENTAR

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *